Beberapa Titik Jalan Mulai Membelah

Tebing Tinggi, Empat Lawang

IMG_2302

BELAH : Badan jalan di antara Desa Baturaja Baru dengan Desa Sugiwaras terlihat membelah. Foto diabadikan Selasa (18/112015).

BADAN jalan antara Desa Baturaja Baru dengan Desa Sugiwaras Kecamatan Tebing Tinggi, saat ini mulai banyak mengalami penurunan. Akibatnya, beberapa titik badan jalan mengalami pembelahan pada aspalnya.

Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan, jika belahnya beberapa titik aspal di badan jalan ini mulai terlihat pada tiga bulan yang lalu, namun saat itu belum terlalu terlihat jelas dan tidak ada yang sepanjang seperti terlihat saat ini. Hal ini terjadi diduga akibat penurunan tanah pada salah satu sisi jalan karena memang berada di pinggir jurang.

Pantauan Harian Silampari di lapangan, Rabu (18/11/2015) mayoritas titik jalan yang terlihat membelah berada di pinggir jurang. Karena kontur tanah yang labil dan dipicu oleh hujan yang cukup deras beberapa hari belakangan, membuat salah satu sisi jalan turun. Tentu saja hal itu menyebab kan belahnya sebagian aspal badan jalan.

Menurut Hendri, salah seorang warga sekitar menyebutkan, jika jalan tersebut diaspal antara tahun 2012/2013. Dikatakannya jika jalur jalan dari Desa Baturaja Baru hingga ke Desa Sugiwaras ini memang rawan terjadinya longsor, karenanya jalan tersebut patut diwaspadai pada musim penghujan.

“Terutama jalan seblum masuk ke dusun beringin 17, di sana banyak titik-titik yang rawan longsor bahkan pada tahun 2011 kalau tidak salah ingat, jalan tersebut sempat putus total,” ungkap Hendri.

Dikatakannya, kondisi jalan yang memiliki kontur tanah yang labil ini, dikatakanya harus menjadi perhatian pihak pemerintah kabupaten (Pemkab) Empat Lawang, sebab bukan tidak mungkin saat curah hujan yang tinggi dapat memicu longsor pada badan jalan sehingga dapat memutuskan akses masyarakat. “Ya setidaknya ini menjadi perhatian semua pihak, jangan sampai nanti setelah terjadi longsor baru ada upaya,” katanya.

Lain hal dengan Ilham, salah seorang pengendara yang kebetulan melintas saat dimintai tanggapannya mengaku cukup khawatir melintas jalan ini, selain ancaman longsor, tidak adanya rambu dan pagar pengaman jalan di beberapa titik jalan yang di sisinya terdapat jurang, membuat dia dan pengendara yang lain harus ekstra hati-hati. Sebab, dengan kondisi jalan yang cukup sempit, dapat membuat pengendara yang melintas bertabrakan atau ancaman jatuh ke dalam jurang.

“Kalau saya lihat, di sisi jalan yang ada jurangnya tidak ada pagar pengaman jalan, rawan juga saat kita berpapasan dengan kendaraan truk misalnya, meski tidak terlalu dalam, lumayan (ngeri) juga jatuh kesana,” ujarnya.

Dia berharap hal ini juga menjadi perhatian semua pihak, jangan sampai ketika sudah terjadi kecelakaan baru ada upaya. “Paling tidak ini harus jadi catatan kita semua, pengendara harus sadar bahaya kecelakaan, sementara pemerintah juga harus ada upaya. Kalau mau mati itukan tuhan semua yang tentukan,” tutupnya. (HS-10)

______________________

Sumber ; Harian Silampari

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s