Bapeda Gelar Rapat Koordinasi TKPK

Tebing Tinggi, Empat Lawang

IMG_2437

RAPAT : Suasana rapat kerja (koordinasi penanggulangan kemiskinan daerah) TKPK di aulah Kantor Bapeda Empat Lawang, komplek perkantoran Pemkab Empat Lawang, Rabu (18/11/2015).

GUNA memperkuat koordinasi dan peran anggota tim koordinasi penanggulangan kemiskinan daerah (TKPK), Badan perencanaan pembangunan daerah (Bapeda) Empat Lawang menggelar rapat kerja TKPK di aulah Kantor Bapeda Empat Lawang, komplek perkantoran Pemkab Empat Lawang, Rabu (18/11/2015).

Rapat koordinasi yang dibuka oleh Sekda Empat Lawang, H Burhansyah yang diwakili oleh Assisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan, Ir Syaiful Natsir MT yang mengambil tema Tingkatkan peran dan kepedulian dengan mengenali potensi dan potret kemiskinan daerah dalam mewujudkan percepatan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Empat Lawang, ini diundang seluruh SKPD, Camat, BPS Kabupaten Empat Lawang, BUMN, BUMD, Stakeholder yang ada di Kabupaten Empat Lawang.

Kepala Bapeda Empat Lawang, H Nanti Kasih Ade melalui Kepala Bidang Sosial Budaya Bapeda Empat Lawang, Kgs Tarmizi Spd Mpd dalam laporannya menyampaikan jika tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk memperkuat koordinasi dan peran anggota TKPK yaitu seluruh SKPD di Kabupaten Empat Lawang, yang diketuai oleh Wakil Bupati Empat Lawang, Wakil Ketua TKPK yaitu Sekretaris Daerah dan Bapeda selaku sekretaris serta memiliki koordinator empat klaster kemiskinan.

Disampaikannya, kondisi sosial dan budaya yang sangat beragam dalam kehidupan bermasyarakat memerluka sentuhan kebijakan dan tindak lanjut untuk mendukung pembangunan serta perbaikan infrastruktur dasar.

“Tujuan pembangunan di bidang sosial dan budaya adalah untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat yang ditandai dengan meningkatnya kualitas kehidupan yang layak dan bermartabat serta memberi perhatian utama pada tercukupnya kebutuhan dasar,” imbuhnya.

Sementara Assisten II bidang Pembangunan dan Ekonomi Setda Empat Lawang, Ir Syaiful Natsir MT menyampaikan penanggulangan kemiskinan merupakan bagian dari pembangunan milenium (milenium develoment goals) antara lain menanggulangi kemiskinan dan kelaparan, mencapai pendidikan dasar untuk semua, mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, menurunkan angka kematian anak.

“Tujuan selanjutnya yakni, meningkatkan kesehatan ibu, memerangi HIV/AIDS, malaria, dan penyakit menular lainnya dan menjamin kelestarian lingkungan hidup. Pada tahun ini TNP2KP bersama BPS melakukan pemutahiran basis data terpadu, nama dan alamat masyarakat miskin akan segera kita peroleh direncanakan pada awal desember,” ungkap Syaiful.

Diharapkannya, dengan mengetahui potret kemiskinan sampai tingkat desa, anggota TKPK dapat membuat perencanaan yang prioritas dengan sasaran lokasi siapa dan bagaimana yang tepat serta penguatan stakeholder dalam perencanaan pembangunan.

“Konsep dasar kemiskinan yaitu memahami, mengidentifikasi, mengukur serta memetakan kemiskinan dengan mendayagunakan peran pemangku kepentinagan. Sebagai gambaran, angka kemiskinan Empat Lawang tiap tahun selalu menurun, capaian 2012 yaitu 13,36 persen dan 30.700 jiwa penduduk miskin menjadi 13,10 persen dan 30.500 jiwa,” paparnya.

Karenanya kata Syaiful, seluruh SKPD di lingkungan Pemkab Empat Lawang dapat bekerjasama dan berkoordinasi guna mendukung tercapainya target Nasional tingkat kemiskinan. “Semoga Allah dapat memberikan taufik dan hidayahnya serta berkah pada pembangunan empat lawang,” tutupnya. (HS-10)

_____________________

Sumber : Harian Silampari

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s