Baru Satu Kecamatan Lunas PBB

Tebing Tinggi, Empat Lawang

th (1)

Ilustrasi (net)

Hingga saat ini, baru satu kecamatan dari sepuluh kecamatan yang ada di Kabupaten Empat Lawang yang lunas pajak bumi dan bangunan (PBB). Karenanya, diharapakan bagi Kades di sebilan kecamatan yang ada agar lebih giat lagi untuk menagih PBB ke masyarakat.

“Baru Satu Kecamatan yang lunas PBB yakni Kecamatan Lintangkanan dan parahnya lagi ada Satu Kecamatan yang baru Satu persen yang bayar PBB,” ungkap Kepala Dispenda Kabupaten Empat Lawang, Msg Ahmad Nawawi saat dibincang wartawan di Tebing Tinggi, Senin (9/11/2015).

Menurutnya hal ini lebih dikarenakan kesadaran masyarakat masih rendah dan perangkat desanya kurang giat untuk mengingatkan kembali kepada masyarakatnya untuk membayar dan melunasi PBB. “Padahal di PBB sudah diterapkan dengan ekual basic, kalau masyarakat tidak membayar akan menjadi hutang Pemkab,” tuturnya.

Lanjutnya, karena tenggat waktu pembayaran PBB telah lewat yakni 1 Nopember, bagi mereka yang sudah lewat masa pembayaran, akan dikenakan denda 2 persen setiap bulannya. “Jadi sekarang ada denda bagi masyarakat yang terlambat membayar PBB, denda tersebut sebagai efek jera bagi masyarakat yang enggan membayar PBB,” imbuhnya.

Sementara itu kata Nawawi, adanya pemangkasan anggaran yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat, sangat berdampak pada Pendapatan Hasil Daerah (PAD). Sebab sebagian besar proyek ditunda, sehingga penggunaan galian C berkurang. Sedangkan galian C yang menjadi andalan untuk PAD Empat Lawang, sebab disini tidak memiliki industri, seperti tambang dan sebagainya tidak seperti daerah lain. Padahal target yang akan dicampai Rp41,3 Millyar dengan begitu tentunya belum bisa memastikan bisa tercapai atau tidak.

“Melihat kondisi sekarang belum bisa memastikan bisa tercapai atau tidak, yang jelas kami berusaha dengan maksimal untuk pencapaian target tersebut,” janjinya.

Lebih lanjut disampaikannya, saat ini pencapaian PAD baru Rp20 Milliar lebih ini dibulan Oktober artinya baru mencapai 50 persen, namun angka tersebut bisa meningkat pada November sampai dengan Desember itu secara signifikan. “Sekarang baru mencapai 50 persen, kalau diangka lama sudah mencapai 75 persen, namun target perubahan jadi baru mencapai 50 persen,” tukasnya. (HS-10)

___________________________

Sumber ; Harian Silampari

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s