Jembatan Gantung Gaung Terancam Ambruk

Tebing Tinggi, Empat Lawang

FT-BERITA-3

Kondisi tiang Jembatan gantung di Kampung Gaung Kelurahan Kelumpang Jaya, yang hanya berjarak kurang dari dua meter saja akibat abrasi Sungai Musi. Foto diabadikan, Jum’at (6/11/2015)

Jembatan gantung Kampung Gaung Kelurahan Kelumpang Jaya terancam ambruk akibat abrasi bibir sungai musi yang terus terjadi saat sungai tersebut meluap.

Meski telah disampaikan instansi terkait dan sempat menjadi pemberitaan hangat di beberapa media di Kabupaten Empat Lawang pada tahun 2014 lalu, hingga saat ini Jembatan gantung satu-satunya bagi warga di Kelurahan Kelumpang Jaya menuju ke perkebunan tersebut, hingga saat ini belum menjadi perhatian pemerintah setempat.

Pantauan Harian Silampari, Jum’at (6/11/2015) Jembatan yang berlantaikan kayu tersebut, kondisi salah satu tiang terancam ambruk, karena sudah kurang dari dua meter dari bibir sungai.

Menurut sejumlah warga, jika tidak segera ditanggulangi dalam waktu dekat ini, dipastikan Jembatan gantung tersebut akan jatuh ke sungai saat air meluap pada musim penghujan. Karena kondisi sungai musi yang cukup deras akan menerjang bibir sungai hingga menyebabkan abrasi tak terelakan.

“Saya yakin, jika tidak segera ditanggulangi, abrasi sungai pada musim banjir nanti akan semakin parah, akibatnya tiang pangkal jembatan ambruk,” ungkap Man (46) salah seorang warga setempat.

Diakuinya, jika Jembatan tersebut adalah satu-satunya akses warga di Kelurahan Kelumpang Jaya, jika Jembatan tersebut terputus, dipastikan warga di kelurahan tersebut akan kesusahan menuju ke perkebunannya. “Jembatan ini bukan hanya warga sini yang gunakan, warga di kelurahan dan desa tetangga juga banyak yang gunakan, kalau ini putus yang pastinya warga terpaksa berenang untuk mencapai seberang,” jelasnya.

Sementara, Lurah Kelumpang Jaya Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang, Khairil Anwar membenarkan kondisi jembatan tersebut yang terancam ambruk. Dijelaskannya jika jembatan tersebut pernah ditinjau oleh pihak PUBM Kabupaten Empat Lawang, namun dia mengaku tidak mengetahui tindak lanjutnya.

“Dulu pernah ditinjau oleh pihak PUBM, bahkan beberapa kali usulan telah saya sampaikan, namun entah mengapa hingga saat ini belum ada tindak lanjutnya,” ungkap Khairil.

Disampaikannya, jika salah satu tiang Jembatan itu ambruk, dipastikan tiang satunya akan ambruk juga, sebab kedua tiang Jembatan itu kondisinya serupa. “Karenanya saya berharap tian Jembatan gantung itu segera diambil tindakan oleh pihak terkai,” tandasnya. (HS-10)

______________________

Sumber : Harian Silampari

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Kabar Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s