Bedah Rumah Hanya Terfokus di Satu Desa ?

Tebing Tinggi, Empat Lawang

20151105_100941

Kelompok penerima bantuan bedah rumah di Desa Tanjungkupang Baru Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang tampak sibuk bergotong royong membangun rumah salah satu penerima bantuan, Kamis (5/11/2015)

50 unit rumah yang masuk dalam program bedah rumah di Kabupaten Empat Lawang, ternyata bukan hanya difokuskan di satu Kecamatan, namun difokuskan di satu desa dalam Kecamatan Tebing Tinggi.

Berdasarkan penelusuran Harian Silampari di Desa Tanjungkupang Baru Kecamatan Tebing Tinggi, Kamis (5/11) bantuan bedah rumah di Kabupaten Empat Lawang ternyata hanya ada di Desa Tanjungkupang Baru Kecamatan Tebing Tinggi. Hal ini tentunya ironis, bantuan yang seharusnya merata dibagikan di setiap desa, ternyata hanya satu desa yang mendapatkan.

Tentu saja kinerja instansi terkait patut dipertanyakan beberapa kalangan, pasalnya sangat tidak mungkin jika yang layak menerima bantuan dari anggaran APBN tersebut hanya di satu desa, padahal ada ratusan desa tersebar di Kabupaten Empat Lawang.

“Menurut saya ini ada yang salah di perencanaan dan pendataan di instansi, bagaimana bisa cuma satu desa yang mendapatkan program pemerintah pusat tersebut, sementara ada ratusan desa tersebar di kabupaten ini,” ungkap Wira salahseorang warga Tebing Tinggi.

Hal ini menurutnya harus menjadi bahan evaluasi kedepan, termasuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang, sebab suatu hal mustahil jika pihak desa tidak mau mengusulkan bantuan bagi warga berpenghasilan rendah yang ada di desanya untuk menerima bantuan dari pemerintah. “Kalau tidak diberitahu bagaimana masyarakat desa akan tahu jika ada program semacam itu, dan jika tidak tahu bagaimana juga membuat usulan,” timpalnya.

Sementara itu, program bantuan bedah rumah di Desa Tanjungkupang Baru saat ini sedang berjalan. 50 unit rumah tidak layak huni (RTLH) saat ini sedang dikerjakan oleh lima kelompok penerima bantuan tersebut.

Kepala Desa Tanjungkupang Baru Kecamatan Tebing Tinggi, Kurini menyebutkan jika total keseluruhan bantuan bagi RTHL di desanya saat ini sedang dikerjakan. 50 RTHL tersebut tersebar di lima kelompok di lima dusun dalam wilayah desanya dengan rinciannya yakni di Dusun Talangpadang 12 unit RTHL, Dusun Sungaijambu 4 unit RTHL, Dusun Sungaijernih 8 unit RTHL, Dusun Lawangagung 8 unit RTHL dan Dusun Talangkaret 8 unit RTHL. Sementara 10 sisa tambahan menurutnya akan disebar di 5 Dusun yang ada.

Disampaikannya, dari beberapa kondisi RTHL yang mendapat bantuan, beberapa diantaranya tidak layak lagi direhab karena kondisinya sangat parah. “Banyak juga yang benar-benar dirubuhkan dan dibangun ulang. Ya memang dana membangun ulang itu pasti kurang dari dana yang disediakan per unit hanya Rp10 juta, namun diantaranya memang sudah menyediakan material bangunan sudah lama namun belum lengkap. Dengan adanya bantuan ini mereka langsung membangun rumahnya. Dan tentunya pembangunan dilakukan bergotong royong dalam kelompok mereka,” jelasnya. (HS-10)

__________________________

Sumber : Harian Silampari

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s