Peternak Itik Alami Kerugian

Saling, Empat Lawang

IMG_1797

Salah seorang peternak itik di Desa Tanjungning Jaya, Suryadi saat memberikan makan ternak itiknya meski produksi telur itik mengalami penurunan, Senin (2/11/2015).

Musim kemarau yang berkepanjangan ternyata membuat peternak mengalami kerugian, betapa tidak selama musim kemarau ini peternak itik yang berada di Desa Tanjungning Jaya Kecamatan Saling, Kabupaten Empat Lawang, mengalami pengurangan produksi telur itik hingga mencapai 100 persen.

Salah seorang peternak itik petelur di Desa Tanjungning Jaya, Suryadi kepada wartawan, Senin (2/11/2015) membenarkan hal tersebut. Setidaknya sudah dua minggu ini produksi telur itiknya mengalami penurunan yang sangat drastis bahkan selama dua minggu ini produksi telur itik tidak ada sama sekali.

“Kalau normalnya 180 butir telur atau 6 Karpet, sekarang ini ini produksi telur itik nol sama sekali, hal ini sudah dua minggu terakhir ini saya alami,” keluhnya.

Diakuinya, berkurangnya produksi telur itik, salah satu penyebabnya adalah sawah yang berada di Desa Tanjungning Jaya mengalami kekeringan akibat musim kemarau. Hal ini menyebabkan pangan tambahan bagi ternak itik miliknya ini tidak dia dapatkan.

“Kalau di sawah itik ini bisa mencari makan seperti keong mas dan lainnya, namun kalau musim kemarau seperti ini jelas butuh makanan yang banyak bahkan satu hari sekarung pangan dengan harga Rp70 ribu habis,” ungkapnya.

Dia menyadari jika kondisi seperti sekarang ini dikatakan perternak seperti dirinya terus merugi, sebab biasanya meraup keutungan dari hasil telur itik, namun karena kondisi sekarang ini dia hanya menggeluarkan biaya saja sementara pemasukan tidak ada.

“Kami hanya dapat berharap semoga cuaca kembali baik agar itik-itik kami ini dapat kembali menghasilkan telur,” harapnya. (HS-10)

_____________________________

Sumber : Harian Silampari

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Kabar Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s