Perkembang IT Jadi Pisau Bermata Dua

Tebing Tinggi, Empat Lawang

IMG_1617

Suasana upacara bendera dalam rangka Hari Sumpah Pemuda ke-87 di Kabupaten Empat Lawang, Rabu (28/10/2015).

Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat pisau bermata dua. Satu sisi ia mem- berikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk peningkatan kapasitas pengetahuan dan skill. Namun, pada sisi yang lain membawa dampak negatif. Informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya tanpa dapat kita bendung dengan baik.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Imam Nahrawi pada sambutannya di upacara peringatan hari Sumpah Pemuda ke-87 tahun 2015 yang dibacakan oleh Wakil Kapolres Empat Lawang, Kompol Endin Syahbana selaku Pembina upacara Peringatan Sumpah Pemuda di Kabupaten Empat Lawang yang dipusatkan di halaman Kantor Bupati Empat Lawang, Rabu (28/10).

Disampaikannya, jika sekarang ini lahir generasi baru yang memiliki pola pikir serba cepat, serba instan, lintas batas, cenderung individualistik dan pragmatik.
Betapa sering, akhir-akhir ini masyarakat disuguh- kan kasus-kasus kekerasan dan pembunuhan yang melibatkan anak-anak muda kita.

“Setelah ditelusuri, kasus-kasus tersebut bermula dari interaksi di sosial media. Sosial media, telah menjelma menjadi tempat favorit berkumpulnya anak-anak muda lintas negara, lintas budaya, lintas agama. Interaksi mereka di sosial media berjalan real time 24 jam. Tidak mudah bagi orang tua, guru, lembaga pendidikan termasuk negara untuk dapat mengontrolnya,” ungkap Endin Syahbana.

Lanjutnya, di sinilah gerakan Revolusi Mental yang digagas oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menemukan relevansinya. Hanya dengan pembangunan karakter kita bisa kuat, tangguh dan kokoh menghadapi dampak negatif dari modernisasi dan globalisasi. Melalui gerakan Revolusi Mental inilah sebutnya para pemuda Indonesia memiliki kemandirian untuk mengambil keputusan-keputusan terbaik secara jernih sesuai dengan akal sehat mereka, tanpa harus ter- gantung dari kehadiran orang tua maupun negara di sampingnya.
“Sudah bukan eranya lagi pemuda diawasi, dikekang apalagi diintimidasi. Saatnya kita memberikan pendampingan, fasilitasi dan motivasi kepada mereka untuk berkembang dan maju sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki,” sampainya.

Untuk diketahui, Upacara peringatan Sumpah pemuda ke-87 yang mengambil tema Revolusi Mental Untuk Kebangkitan Pemuda Menuju Aksi “SATU UNTUK BUMI” di Kabupaten Empat Lawang dipusatkan di halaman Kantor Bupati Empat Lawang. Bertindak sebagai Inspektur upacara Wakil Kapolres Empat Lawang, Kompol Endin Syahbana sementara bertindak sebagai Pemimpin upacara Serma Suhardi dari Koramil 405-01/Tebing Tinggi. Pada upacara ini dihadiri oleh seluruh SKPD, FKPD, Organisasi kepemudaan seperti KNPI dan Pemuda Muhammadiyah, Pelajar serta tokoh agama dan masyarakat. (HS-10)

________________________________

Sumber : Harian Silampari

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s