Daerah Kembangkan Usaha Tanpa Data Sentra IKM

Tebing Tinggi, Empat Lawang

IMG_1538

H R Ganda Yuni

Pemerintah Propinsi (Pemprop) Sumatera selatan (Sumsel) mengutamakan membentuk daerah sentra industri, karenanya Pemprop Sumsel akan terus membina Industri Kecil Menengah (IKM) dan diharapkan IKM yang mendapat binaan mendapatkan dukungan IKM di sekitarnya. Namun sayangnya, setiap kabupaten/kota di propinsi Sumsel selalu berjalan sendiri-sendiri dalam mengembangkan produk unggulan IKM daerahnya tanpa mempertimbangkan data sentra IKM daerah yang ada di kementerian.

“Kesulitan yang kita hadapi saat ini karena setiap kabupaten/kota mengembangkan usaha sendiri-sendiri. Tentunya ini menjadi penghambat kita memajukan IKM di Sumsel. Seharusnya setiap daerah harus saling dukung, jika daerah lain sudah ada IKM dengan produk unggulannya sudah menonjol, daerah lain yang memiliki IKM sejenis namun belum begitu menonjol harus mendukung daerah lain yang lebih dahulu menonjol,” ungkap Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumsel, H Permana melalui Kabid Industri Agro, H R Ganda Yuni di Tebing Tinggi, Senin (26/10/2015).

Di kementerian perindustrian ungkapnya, sudah ditetapkan sentra-sentra IKM di setiap daerah, karenanya andaikata suatu daerah mengusulkan bantuan ke kementerian diluar sentra daerah yang telah ditetapkan, hal tersebut sangat sulit dikabulakan oleh pemerintah pusat. “Setiap usulan ke kementerian haruslah sesuai daerah sentra IKM yang ditetapkan sebelumnya, jika tidak sesuai maka akan sulit dikabulkan,” ujarnya.

Lanjutnya, berdasarkan analisis tenaga ahli Disperindag Sumsel, Kabupaten Empat Lawang bersama dengan dua kabupaten lain yakni OKU Selatan dan Muaraenim adalah sentra produksi Kopi, sementara berdasarkan data Disperindag Sumsel, perkebunan kopi di Sumsel mencapai 42.000 hektar, namun yang anehnya total ekspor Kopi dari propinsi Sumsel tidak lebih dari 30.000 ton.

“Padahal berdasarkan data kita, cuma 25 persen yang kita olah sendiri. Artinya, kopi yang berasal dari Sumsel diekspor melalui propinsi lain, tentu saja hal ini harus menjadi perhatian semua pihak,” tandasnya. (HS-10)

____________________________

Sumber : Harian Silampari

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s