Listrik Sugiwaras Belum Dialiri Arus

Tebing Tinggi, Empat Lawang

listrik

Ilustrasi (Net)

Warga di Desa Sugiwaras Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang, mengeluhkan lambanya pihak PLN S2JB Cabang Lahat Ranting Tebing Tinggi mengalirkan listrik ke desa yang diketahu berbatasan langsung dengan Kabupaten Musirawas tersebut. Meski permasalahan tebas tebang jalur kabel tegangan sedang (TS) ke desa itu tidak lagi bermasalah, namun hingga saat ini, aliran listrik yang sudah lama diidam-idamkan warga ini belum juga terealisasi.

Akibat belum teralirinya listrik, predikat satu-satunya desa di Kabupaten Empat Lawang yang tidak tersentuh aliran listrik dari PLN yang disandang oleh Desa Sugiwaras sejak tahun 2014 lalu, masih disandang oleh desa yang notabenenya berada di kecamatan yang dijadikan Ibukota Kabupaten Empat Lawang.

Informasi yang berhasil dihimpun Harian Silampari, Minggu (25/10/2015) menyebutkan jika belum teraliri listrik di desa tersebut dikarenakan ada 3 (tiga) tiang yang patah saat pembersihan jalur yang dilaksanakan warga dan rekanan beberapa waktu lalu yang belum diganti dan diperbaiki oleh pihak PLN. Karenanya hingga saat ini aliran listrik dari PLN belum dapat dilakukan.

“Ada tiga tiang yang patah yang tertimpa pohon sewaktu tebas tebang kemarin yang hingga saat ini belum juga diganti oleh pihak pln. Mengapa harus pln yang perbaiki ?, karena jalur listrik menuju desa sugiwaras ini sudah diesteokan (STO, red) oleh pihak pemkab ke pln,” ungkap Candra salahseorang warga.

Kepala Dinas Kehutanan, Perkebunan, Pertambangan dan Energi (Dishutbuntamben) Kabupaten Empat Lawang, Susyanto Tunut melalui Kepala Bidang Energi Dishuttamben Kabupaten Empat Lawang, Cik Wan mengatakan persoalan listrik di Desa Sugiwaras pihaknya telah berupaya bahkan hal tersebut bukan tugasnya lagi melainkan pihak PLN yang harus menuntaskan termasuk pengaliran listrik.

Dikatakannya, selama pemasangan tiang listrik ada beberapa kendala seperti pembebasan lahan maupun kendala dalam melakukan tebas bayang, namun hal itu menurutnya sudah diselesaikan dengan bergotong royong bersama warga setempat melakukan tebas bayang.

“Pemerintah telah menyediakan sarananya, tinggal PLN mengaliri listriknya. Dimana lokasi yang perlu dilakukan tebas bayang sudah kita lakukan bersama dengan warga desa bahkan kita sudah mengajak anggota Polisi dan TNI agar permasalahan tebas bayang selesai,” ungkapnya.

Meski nyatanya pihak PLN belum bisa mengaliri listrik, dikatakannya semuanya berpulang kepada pihak pln karena jalur listrik sudah diSTOkan. “Intinya dari kita sudah menyiapkan sarananya kalau masalah apinya bukan kita tapi pihak PLN,” tegasnya. (HS-10)

___________________________

Sumber : Harian Silampari

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Kabar Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s