Kembangkan Kerajinan Kulit Kayu Latung

Tebing Tinggi, Empat Lawang

IMG-20151026-02802

Kadiisperindag Kabupaten Empat Lawang, Peterson Okki Bial memperlihatkan hasil kerajinan kulit Kayu Latung berupa Songkok atau Kopiah, Senin (26/10/2015).

Melihat potensi kayu latung masih sangat banyak di Kabupaten Empat Lawang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang berencana mengembangkan kerajinan kulit kayu latung di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati.

Lantung adalah pohon sejenis nangka yang banyak tumbuh di hutan-hutan di Kabupaten Empat Lawang dan sekitarnya. Bagi masyarakat Empat Lawang, pohon ini dinamai kayu Terap atau Teghap,  selain memiliki kulit yang tebal dan kaku, juga mempunyai serat yang tidak mudah putus, sehingga dapat diolah menjadi barang cenderamata.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Empat Lawang, Peterson Okki Bial kepada wartawan, Senin (26/10/2015) menjelaskan jika daerah lain seperti Propinsi Bengkulu dapat mengembangkan kerajinan kulit kayu latung, sementara bahan baku kulit kayu latung banyak didatangkan dari daerah lain, tentu saja daerah pemasok kulit kayu latung seperti Empat Lawang, dipastikan bisa mengembangkan kerajinan kulit kayu semacam itu.

“Perajin kulit kayu latung di Bengkulu, bayak mendatangkan bahan baku kulit kayu dari Empat Lawang, karena memang potensi kayu latung di daerah kita belum sepenuhnya terolah dengan baik. Karenanya kita berencana mengembangkan kerajinan sejenis ini dan saya rasa itu dapat kita lakukan,” jelas Okki.

Disampaikannya, sejauh ini kerajinan kulit kayu latung sudah ada di Kabupaten Empat Lawang, hanya saja dikatakannya belum mendapatkan perhatian penuh oleh pihaknaya. Karenanya, kedepan Disperindag Kabupaten Empat Lawang akan fokus membantu para perajin kulit kayu latung ini sehingga kedepan dapat berkembang seperti yang diharapkan. “Seperti perajin kulit kayu latung di Desa Taba Kecamatan Saling, ini akan kita bina dan langsung menjadi industri kecil menengah (IKM, Red) binaan kita,” ungkapnya.

Lebih jauh disampaikanya, jika Kabupaten Empat Lawang masih sangat banyak menyimpan potensi yang belum tergarap maksimal, karenanya dia menyampaikannya jika masyarakat membutuhkan bantuan-bantuan dari pemerintah, dapat menyampaikan usulan berupa proposal langsung. Karena jika tidak diberitahukan tentu saja pemerintah tidak mengetahui apa yang diinginkan masyarakat.

“Jika masyarakat inginkan bantuan apapun, dapat mengajukan usul ke kita, tentunya yang berhubungan dengan industri kecil menengah. Insya Allah akan kita tindak lanjuti,” sampainya. (HS-10)

___________________

Sumber : Harian Silampari

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s