Kades Jangan Lupa Bayar Pajak

Tebing Tinggi, Empat Lawang

pajak pph ppn

Ilustrasi (NET)

Kepala Desa (Kades) diingatkan untuk membayar pajak pada setiap belanja barang kena pajak pada penggunaan anggaran dana desa (ADD) yang dikelolah.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Empat Lawang, M Azhari melalui Kepala Bidang Pemerintahan Desa dan Kelurahan, Guntur Martandy mengingatkan jika setiap belanja barang yang mencapai nominal tertentu terkena PPN dan PPh, oleh karena itu setroan pajak wajib dibayar oleh pengelolah ADD.

“Mengapa hal ini saya sampaikan kembali, karena berkaca dari pengalaman sebelumnya seperti halnya dana Bantuan Gubernur (Bangub) banyak Kades yang mengabaikan pajak, dari itulah kembali saya ingatkan jangan lupa pajak,” ungkap Guntur.

Guntur mengatakan, untuk detailnya Kades bisa datang langsung ke kantor Pajak KP2KP Tebing Tinggi, sebab dengan dana desa ini setiap kegiatan ataupun pembangunan ada potongan pajaknya. Nah hal ini perlu diketahui oleh Kades, apa lagi Kades sudah diberikan sosialisasi dari KP2KP.

“Pajak ini penting sekali bagi Kades dan jangan sekali-kali menyepelehkan pajak karena desa itu sendiri nanti yang dirugikan,” tegasnya.

Diungkapkannya, turunnya dana desa ini memang dibuat agar desa itu mandiri dan tidak bergantung dengan Pemerintah Kabupaten atau Kota, sehingga desa bisa membangun kebutuhan-kebutuhan di desa dengan dana desa yang telah ditentukan sesuai dengan jumlah penduduk dan luas wilayah di desa.

“Dana desa tetap ada pajak, makanya salah satu syarat pencairan desa harus memiliki NPWP, jadi para Kades haru mengikuti aturan dan petunjuk teknis,” imbuhnya.

Bahkan Guntur memastikan, tidak ada pungutan ataupun potongan diluar ketentuan dalam pencairan dana desa, sepenuhnya diserahkan ke rekening desa dan harus dikelolah sesuai ketentuan. “Nah, bagi desa yang tidak mampu mencairkan dana desa 2015 ini, maka akan menjadi silva desa diatur ketentuan undang-undang. Kita harap program kemandirian desa berjalan tepat, diharapkan semua pihak terkait dapat mengawal bersama kesuksesannya,” harapnya. (HS-10)

_______________________

Sumber : Harian Silampari

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s