Rumah tak Berpenghuni Jadi Abu

Tebing Tinggi, Empat Lawang

IMG_20151022_095153

Api terlihat membesar saat menghanguskan rumah milik Mukti (50) warga Jalan Pensiunan Kelurahan Tanjungmakmur, Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang, Kamis pagi (22/10/2015) sekitar jam 10.00 WIB. (IST)

Satu unit rumah panggung semi permanen yang sudah lama tidak ditempati oleh pemiliknya di Jalan Pensiunan Kelurahan Tanjungmakmur Kecamatan Tebing Tinggi, musnah dilahap sijago merah, Kamis pagi (22/10/2015) sekitar jam 10.00 WIB.

Pemilik rumah tersebut diketahui adalah Mukti alias Uyik (50) yang diketahui sedang menjalani perawatan di Kota Palembang akibat sakit stroke berat yang dideritanya. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Informasi yang berhasil dihimpun Harian Silampari menyebutkan jika api pertama kali terlihat oleh salah seorang warga sekitar, api mulai membakar bagian atas (lantai dua, Red) rumah yang terbuat dari kayu tersebut. Belum diketahui pasti penyebabnya, namun berdasarkan keterangan warga, kuat dugaan api bersumber ada korsleting listrik, sebab selain dalam kondisi sudah lama tidak berpenghuni, kondisi api pertama terlihat di lantai dua.

“Saya kira api berasal dari arus pendek, sebab api pertama kali terlihat di lantai dua rumah itu, selain itu rumah tersebut dalam kondisi kosong tidak berpenghuni. Kalau ada penyebab lain saya kira perlu dipertanyakan,” ungkap Juntong warga sekitar.

Sementara Kabid PBK BPBD Empat Lawang, Chandra yang memimpin langsung operasi pemadaman mengungkapkan jika kondisi api sudah dapat dikuasai. Dia memastikan api tidak akan menjalar ke rumah warga lain sebab selain jarak rumah yang terdekat berbatasan dengan tembok yang cukup tinggi, sementara rumah di sisi lain cukup jauh.

“Alhamdulillah api sudah dapat kita kuasai. Syukurnya rumah terdekat yakni di sisi kiri rumah korban, dibatasi dengan tembok yang cukup, sementara di sisi kanan rumah yang lain cukup jauh,” ungkap Chandra.

Sementara itu, Lurah Tanjungmakmur Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang, Eman Sulaiman menjelaskan jika rumah tersebut dalam kondisi kosong dan tidak berpenghuni. Keberadaan pemiliknya sendiri dikatakannya sedang menjalani perawatan di Kota Palembang karena mengalami penyakit stroke berat.

“Keluarga pemilik rumah ini sudah kita hubungi. Taksiran kita untuk sementara ini kerugian bekisar ratusan juta karena kondisi rumah di pinggir jalan raya dan masih bagus,” jelas Eman.

Dikatakannya, sejauh ini dia selalu menghimbau warga untuk waspada terhadap bahaya kebakaran, bahkan himbauan itu baru saja disampaikannya pada masyarakat beberapa waktu sebelum kejadian musibah kebakaran ini. “Namanya musibah, sangat sulit kita prediksi, buktinya baru kita himbau justru ada kejadian,” tukasnya. (HS-10)

_______________________________

Sumber : Harian Silampari

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Kabar Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s