Ratusan Lembar Kartu Keluarga Cacat Hukum

Tebing Tinggi, Empat Lawang

ttpalsu

Ilustrasi (Net)

Tanda tangan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Didukcapil) Kabupaten Empat Lawang, Edison Jaya yang dibubuhkan pada dokumen kependudukan seperti Akte Kelahiran dan Kartu Keluarga milik warga dipalsukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Hal ini terungkap ketika ada salah seorang warga yang hendak meminta cap stempel Disdukcapil sekitar dua hari lalu. sementara saat diperiksa pegawai antara tanda tangan dan tanggal tertera menunjukan ada kejanggalan karena tepat di tanggal dokumen di bubuhkan tanda tangan kepala Disdukcapil Empat Lawang sedang tidak ditempat karena saat itu sedang melakukan dinas luar (DL).

Kepala Disdukcapil Kabupaten Empat Lawang, Edison Jaya mengakui hal itu, oleh karena itu dia menghimbau bagi warga yang membuat dokumen kependudukan dikantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Empat Lawang, di tanggal 12,13 dan 15 Oktober 2015 lalu, keabsahanya dokumen tersebut dipastikan batal demi hukum karena tanda tangan yang dibubuhkan pada dokumen KK maupun Akte lahir di tanggal itu bukan merupakan tanda tangan dirinya.

“Saya pastikan untuk kekuatan hukumnya dokumen yang dikeluarkan dan ditandatangani oleh oknum orang yang memalsukan tanda tangan saya ditiga hari tepatnya 12,13 dan 15 Oktober 2015 batal atau tidak berlaku,” ungkap Edison Jaya kepada wartawan, Jumat,(23/10).

Dikatakannya, biasanya dalam satu hari rata-rata warga Empat Lawang yang membuat dokumen kependudukan di Disdukcapil hingga mencapai 100 lembar KK, dan Akte lahir maupun KTP. Artinya di tiga hari itu bisa saja mencapai 300 lembar masing masing dokumen yang dipalsukan tanda tangannya. “Makanya kita katakan bagi warga yang membuat ditanggal tersebut dipastikan tidak sah, dan dihimbau bagi warga agar bisa datang ke kantor Disdukcapil untuk menyampaikan kepihaknya,” pintanya.

Selanjutnya dikatakannya pihaknya berencana melaporkan hal ini ke pihak yang berwajib, agar pelaku pemalsuan ini tidak mengulangi kembali perbuatannya. “Saat ini yang kita ketahui baru satu dokumen berupa KK milik warga desa Gunungmeraksa Baru, Kecamatan Pendopo. Rencananya kami berniat untuk melaporkan temuan ini ke pihak berwajib,” katanya. (HS-10)

_____________________________

Sumber : Harian Silampari

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Kabar Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s