Kekerasan Bukan Hanya Fisik

Tebing Tinggi, Empat Lawang

iis

Iis Juairiah

Bentuk kekerasan terhadap anak tidak hanya berupa kekerasan fisik saja, seperti penganiayaan, pembunuhan, maupun perkosaan, melainkan juga kekerasan non fisik, seperti kekerasan ekonomi, psikis.

Kepala Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KP3A) Kabupaten Empat Lawang, Iis Juairiah menegaskan perlakuan salah terhadap anak adalah termasuk penganiayaan, penelantaran dan ekspoitasi terhadap anak dimana hal ini adalah hasil dari perilaku manusia yang keliru terhadap anak.

“Bentuk kekerasan terhadap anak tentunya tidak hanya berupa kekerasan fisik saja, seperti penganiayaan, pembunuhan, maupun perkosaan, melainkan juga kekerasan non fisik, seperti kekerasan ekonomi, psikis,” tegas Iis saat disambangi wartawan di ruang tugasnya, kemarin.

Dia menghimbau, agar setiap lingkungan haruslah ramah terhadap anak, ramah yang dimaksud bukanlah hanya tidak melakukan kekerasan terhadap anak. Namun para orang tua tidaklah berperilaku salah, sebab prilaku yang salah dihadapan anak-anak dapat menyebabkan prilaku anak-anak juga ikut-ikutan salah.

“Seperti kasus perjudian yang dilakukan anak-anak di Kecamatan Ulumusi beberapa waktu lalu, anak-anak tidak akan berjudi jika tidak ada contoh perjudian yang dilakukan orang dewasa,” paparnya.

Lebih lanjut disampaikannya, pembiaran terhadap prilaku menyimpang anak-anak juga dianggap penelataran anak, karenanya para orang tua juga diharapkan tidak membiarkan prilaku menyimpang anak dengan memberikan pemahaman yang benar terhadap anak. “Penelantaran juga bukan hanya tidak memberikan kebutuhan anak terhadap sandang, pangan dan papan. Namun pembiaran prilaku menyimpang anak dapat dikategorikan penelantaran anak,” tandasnya. (HS-10)

__________________________

Sumber : Harian Silampari

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s