Warga Mengira Hutla Pulo Emass Terbakar

Tebing Tinggi, Empat Lawang

IMG_1390

Angota dari Unit PBK BPBD Empat Lawang menyemprotkan air untuk memadamkan api yang membakar tumpukan kayu di Pulo Emass, Sabtu malam (17/10/2015).

Karena melihat api membumbung tinggi warga di Kelurahan Tanjung Makmur Kecamatan Tebing Tinggi, mengira hutan dan lahan (Hutla) di kawasan Pulo Emass terbakar, mereka pun menghubungi unit penanggulangan bahaya kebakaran (PBK) dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Empat Lawang, Sabtu malam (17/10/2015) sekitar pukul 21.00 WIB.

Terang saja, dua unit mobil PBK milik BPBD Empat Lawang bergegas dikerahkan ke lokasi Pulo Emass, menyusul informasi masyarakat melalui sambungan telephone yang menyebutkan jika lahan yang akan dijadikan sentra ekonomi dan wisata religi Kabupten Empat Lawang ini terbakar akibat musim kemarau berkepanjangan pada tahun ini.

Meski sempat salah arah akibat terjadinya mis komunikasi antara petugas dan masyarakat pemberi informasi, namun tidak menunggu lama mobil PBK pun akhirnya tiba di lokasi yang diduga terjadinya kebakaran Hutla itu.

“Ya tadi sempat salah arah, kami mengira kampung pulau mas yang terbakar, rupanya lahan di Pulo Emass,” ungkap salah seorang petugas yang enggan menyebutkan namanya kepada wartawan sambil berlalu pergi.

Sementara salah seorang warga Kelurahan Tanjung Makmur Kecamatan Tebing Tinggi, mengungkapkan ternyata yang diduga kebakaran lahan ini adalah terbakarnya tumpukan kayu dan dedaunan kering yang dikumpulkan dipingir Sungai Musi di lokasi Pulo Emass karena memang lahan Pulo Emass dalam proses pembukaan lahan.

“Karena apinya terlihat membumbung tinggi, kami khawatir api itu menghanguskan seluruh lahan di pulau ini, makanya ada warga yang langsung menelpon PBK,” ujarnya.

Dirinya sangat menyayangkan adanya oknum tangan jahil yang telah sengaja membakar tumpukan kayu yang ditebang dan dikumpulkan itu. Sebab dampak dari terbakarnya kayu itu dapat membuat bertambahnya polusi kabut asap di wilayah Kecamatan Tebing Tinggi dan sekitarnya. “Kita berharap kejadian ini tidak terulang lagi, sebab dengan kondisi panas berkepanjangan ini, polusi kabut asap jangan ditabahi lagi,” katanya.

Kabid PBK BPBD Empat Lawang, Chandra yang memimpin langsung operasi pemadaman yang diduga sebelumnya adalah kebakaran Hutla di Pulo Emass tersebut mengungkapkan jika pihaknya selalui siap siaga mengatasi segala bencana kebakaran lahan maupun pemukiman. “Kita selalu siap siaga, yang ini ya sudah, mudah-mudahan apinya tidak merembet kemana-mana,” tukasnya. (HS-10)

____________________________

Sumber : Harian Silampari

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Kabar Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s