Ikan Sungai Musi Diracun

Tebing Tinggi, Empat Lawang

IMG_1289

Tampak beberapa warga memanfaatkan kondisi ikan yang mabok diduga sengaja diracuni ini dengan menangkapnya dengan alat tangkap ikan sederhana. Foto diabadikan Jum’at (16/10/2015).

Diperkirakan ribuan ekor ikan di Sungai Musi di wilayah Kabupaten Empat Lawang terlihat mabok dan mati, diduga disengaja oleh oknum warga yang hendak menangkap ikan menggunakan racun serangga (Insektisida).

Pantauan Harian Silampari di Sungai Musi bawah Jembatan Musi 1 Pasar Tebing Tinggi, Jum’at pagi (16/10/2015) terlihat beberapa warga memanfaatkan kondisi ikan yang sedang mabok itu dengan menangkapnya menggunakan alat tangkap ikan sederhana seperti tanggok ikan dan jala. Sementara beberapa warga lain tampak terlihat ramai menonton banyaknya ikan yang terlihat mabok dari atas Jembatan.

Beberapa orang warga mengungkapkan jika kondisi ikan yang mabok ini duduga akibat disantau atau diracun oleh oknum warga yang tidak bertanggung jawab supaya ikan di Sungai Musi dapat dengan mudah ditangkap. “Sepertinya ikan di sungai ini disantau orang, makanya ikan banyak terlihat mabok. Harusnya ini tidak boleh dilakukan sebab menggunakan bahan berbahaya,” sebut Andre salahseorang warga.

Dijelaskannya jika menyantau adalah mencampur makanan ikan dengan Insektisida, selanjutnya makanan ikan yang telah diracuni itu ditebar di sungai. Tujuannya sendiri supaya ikan di dalam sungai mabok dan mati, dengan begitu ikan dapat mudah ditangkap.

“Tidak perduli ikan besar, ikan kecil pun turut mati jika makan umpan yang diracuni itu. Makanya itu tidak boleh sebab dapat menyebabkan anak-anak ikan juga turut mati, tentunya dapat merusak habitat isi sungai,” terangnya.

Sementara Ujang warga lainnya menyebut jika pemerintah dan instansi terkait harus menindak pelaku peracunan ikan di Sungai Musi. Selain dapat merusak habitat sungai, kegiatan menangkap ikan dengan menggunakan racun dapat menyebabkan air sungai tercemar dengan bahan-bahan yang berbahaya. “Padahal yang kita tahu masyarakat banyak memanfaatkan air sungai untuk kepentingan rumah tangga, apa lagi dalam musim kemarau ini. Sangatlah disayangkan masih banyak oknum masyarakat yang tidak punya kepedulian menjaga air sungai,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala BLHD Empat Lawang, Darno Bakar melalui Kabid Amdal dan Tata Lingkungan, Iskandar M didampingi Kasubid  Amdal dan Pengembangan Kapasitas, Jalin Elsaprike menegaskan jika pelaku penangkapan ikan menggunakan bahan-bahan berbahaya dapat dijerat pidana.

Pihaknya sangat menyangkan adanya aktifitas penangkapan ikan yang menggunakan racun oleh oknum warga yang tidak bertanggung jawab tersebut, karenanya jika masyarakat di Empat Lawang merasa dirugikan dengan adanya aktifitas penangkapan ikan yang menggunakan bahan-bahan berbahaya agar segera melaporkan ke pihak berwajib.

“Apa lagi jika telah menelan korban jiwa manusia, pelaku dapat diancam dengan hukuman 15 tahun penjara,” tegas Jalin. (HS-10)

____________________________

Sumber : Harian Silampari

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Hukum dan Kriminalitas, Kabar Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s