Dirikan Rumah Ibadah Harus Berizin

Tebing Tinggi, Empat Lawang

IMG_0873

H Zainuri Mattan

Secara keseluruhan, kondisi kebergaman dan toleransi kehidupan sosial dan beragama di Kabupaten Empat Lawang terbilang sangat kondusif. Meskipun demikian, masyarakat beragama minoritas di Kabupaten Empat Lawang yang hendak mendirikan rumah ibadah dihimbau harus mengikuti aturan-aturan berlaku dalam pendirian rumah ibadah untuk mencegah konflik sosial di masyarakat.

Himbauan tersebut disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Empat Lawang, H Zainuri Mattan saat dibincangi di Kantor kerjanya di Jalan poros Tebing Tinggi – Pendopo (Jalan Noerdin Panji), Kamis (15/10/2015).

“Pendirian rumah ibadah bagi masyarakat minoritas harus memiliki izin, seperti izin lingkungan. Ini untuk menghindari jangan sampai ada konflik sosial akibat pendirian rumah ibadah,” kata Zainuri.

Sejauh ini diungkapkannya, jika pihak Kemenag di Empat Lawang sendiri sudah melakukan rapat koordinasi bersama forum lintas agama menyingkapi terjadinya konflik di Aceh Singkil Propinsi Nangroe Aceh Darusalam (NAD). “Jangan sampai kejadian itu terjadi di Kabupaten Empat Lawang, makanya kita sudah melakukan rapat koordinasi. Hasilnya tidak diketemukan potensi-potensi terjadinya konflik antar umat beragama di Empat Lawang,” jelasnya.

Di Kabupaten Empat Lawang, dikatakannya mayoritas masyarakat beragama islam dan sejauh ini cuma ada satu tempat ibadah non islam yang terdata. “Sebenarnya saya masih tergolong baru bertugas di Empat Lawang, jadi belum begitu tahu komdisi umat beragama di Empat Lawang. Dan sejauh ini yang saya tahu cuma ada satu tempat ibadah non islam di Empat Lawang,” sebutnya.

Tidak cuma masyarakat beragama non islam yang diminta mentaati aturan, lebih lanjut Zainuri menegaskan jika masyarakat beragama islam pun harus taat dengan aturan yang berlaku. Karena ini untuk keberlangsungan dalam menjalankan kehidupan beragama.

“Intinya semua harus taat dengan aturan yang ada, supaya dalam menjalankan kehidupan beragama dapat tenang,” pungkasnya. (HS-10)

____________________________

Sumber : Harian Silampari

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang, Kabar Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s