92 Desa Belum Lengkapi Berkas APB-Des

Tebing Tinggi, Empat Lawang

95ADD (2)

Ilustrasi (Net)

Meskipun pencairan anggaran dana desa (ADD) tahap pertama di Empat Lawang sudah dimulai. Namun, ternyata masih ada 92 desa belum melengkap APB Des terverifikasi. Ke 92 desa tersebut ada di enam kecamatan yaitu Pendopo, Muara Pinang, Lintang Kanan, Pasemah Air Keruh, Pendopo Barat dan Talang Padang.

“Saat ini 54 desa proses pencairan di BPKAD, masih ada 92 desa terverifikasi dan saat ini melengkapi berkasnya. Kita tunggu paling lambat akhir Oktober ini,” ungkap Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Empat Lawang, M Azhari melalui Kabid Pemerintahan Desa dan Kelurahan, Guntur Martandy kepada wartawan, Kamis (15/10/2015).

Dikatakannya, dari 147 desa di Empat Lawang, hanya satu desa tidak menerima dana desa karena profil desanya belum tercantum di Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Berarti asumsinya kata Guntur, ada 146 desa dengan total anggaran dari APBN sebesar Rp 41 Miliar lebih, masing-masing desa mendapatkan rata-rata Rp 250 juta. Dari jumlah tersebut, 70 persen digunakan untuk pembangunan fisik dan 30 persen dana pemberdayaan masyarakat desa.

“Dana desa tetap ada pajak, makanya salah satu syarat pencairan desa harus memiliki NPWP yang jelas,” katanya.

Guntur memastikan, tidak ada pungutan ataupun potongan diluar ketentuan dalam pencairan dana desa, sepenuhnya diserahkan ke rekening desa dan harus dikelolah sesuai ketentuan. Oleh karena itu, bagi desa yang tidak mampu mencairkan dana desa 2015 ini, maka akan menjadi silva desa diatur ketentuan undang-undang. “Kita harap program kemandirian desa berjalan tepat, diharapkan semua pihak terkait dapat mengawal bersama kesuksesannya,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tebing Tinggi, Azwad Z Hakim mengingatkan, bagi desa agar dapat mengelola dana desa sesuai ketentuan dan aturan. “Terutama dalam menyampaikan laporan pertanggungjawaban (LPJ, Red), tidak boleh fiktif. Aparat penegak hukum dan masyarakat akan mengawal, gunakan dan laporkanlah dana desa sesuai ketentuan,” himbaunya.

Sebelumnya, wakil bupati Empat Lawang, H Syahril Hanafiah meminta, agar para kades segera melengkapi APB Des dan syarat pencairan dana desa. PLH bupati ini pun menegaskan, agar SKPD terkait tidak memotong ataupun pungli dalam pencairan dana desa, serahkan sepenuhnya ke rekening desa. Namun jika ada pajak, tetap harus dibayarkan.

“Silahkan kelolah dengan baik dan tepat dana desa, laksanakan sesuai aturan dan ketentuan,” tukasnya.  (HS-10)

_________________________

Sumber Harian Silampari

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang, Kabar Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s