Pencairan APB Des Masih Terkendala

Tebing Tinggi, Empat Lawang

95ADD (2)

Ilustrasi (Net)

Kepastian pencairan APB Des yang dijanjikan Wakil Bupati Empat Lawang, H Syahril Hanafiah ternyata masih menemui kendala, buktinya berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Harian Silampari menyebutkan hingga Jum’at (9/10/2015) belum ada satu pun APB Des yang dicairkan oleh Kepala Desa (Kades).

Salah seorang Kades di wilyah Kecamatan Tebing Tinggi mengaku kecewa, pencairan yang lama dinantikan kemudian dijanjikan oleh Pemkab Empat Lawang, tidak kunjung datang. Karenanya beberapa Kades merasa kecewa atas lambannya pencairan dana yang diperuntukan 70 persen pembangunan fisik dan 30 pemberdayaan masyarakat di desa tersebut.

“Lagi-lagi kami kecewa, nampaknya tidak ada keseriusan pihak terkait mengurus dana desa ini,” sesalnya.

Kepala BPKAD Empat Lawang, M Daud melalui Kepala Bidang Perbendaharaan, Andi ketika dikonfirmasi membenarkan belum adanya surat perintah membayar yang di sampaikan pihak BPMPD terkait APB Des, padahal pihaknya sudah menunggu sejak Kamis (8/10) namun surat perintah yang dimaksud belum ada. “Makanya sekali lagi kami bingung padahal hasil rapat yang dipimpin langsung Wabup Syahril supaya pencairan dana desa dipercpat karena tidak ada lagi kendala yang berarti,” ungkap Andi kepada wartawan di ruang kerjanya.

Untuk itu lanjunya, pihak BPKAD menyampaikan agar para Kades bersabar sebab dipastikan dana desa bakal dicair hanya saja saat ini menunggu proses dan perosedur.

“tidak ada masalah lagi, tinggal menunggu SPM kemudian pemcairan,” ucapnya.

Sementara, Wakil Bupati Empat Lawang, H Syahril Hanafiah memastikan APB Des tidak ada kendala dan segera di gelontorkan. Pihaknya menurut Wabup, sudah melakukan rapat dan memanggil pihak terkait seperti BPMPD dan BPKAD.

Bahkan dipastikan jika pengajuan desa untuk pencairan APB Des sudah sesuai ketentuan administrasi dan dipastikan segera dicairkan melalui kas daerah atau Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Empat Lawan.

“Ya, saya sudah ketemu perwakilan kades, masalahnya sudah tuntas. Hanya sedikit misskomunikasi terkait KPA nya, tidak ada yang disalahkan,” ungkap Syahril.

Pencairan dana desa, ungkapnya, tidak ada penundaan, hanya saja kelengkapan administrasi dari desa harus dilengkapi seperti anggaran pendapatan dan belanja desa (APB Des). Sebab, dana desa ini bukan main-main, baik dalam pengelolaan dan pertanggung jawabannya. Harus benar-benar terserap sesuai ketentuan dan tepat sasaran, selanjutnya pelaporan pun harus di evaluasi.

Wabup berpesan, pengelolaan dana desa harus profesional, transparan dan akuntable. Jabatan kades sekarang beda dengan dahulu, dituntut mampu mengelola anggaran sendiri dan mempertanggungjawabkannya. “Boleh saja menuntut cepat, tapi ya harus dilengkapi dulu syaratnya. Karena ini tidak asal saja, harus jelas dan dipertanggung jawabkan,” jelasnya. (HS-10)

________________________

Sumber Harian Silampari

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Kabar Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s