Musim Hujan Datang, Waspadai Bencana

Tebing Tinggi, Empat Lawang

hujan

Ilustrasi (Net)

Kabut asap yang beberapa hari terakhir tampaknya akan mulai menghilang dari udara di bumi Saling Keruani Sangi Kerawati. Sebab, setidaknya Jum’at sore (9/10/2015) hingga malam harinya, hujan yang cukup deras melanda Kabupaten Empat Lawang dan sekitarnya.

Meski hujan yang mengguyur Kabupaten Empat Lawang pada minggu ini bukanlah kali pertama, sebab pada hari sebelumnya hujan telah membasahi tanah di Kabupaten Empat Lawang. Namun hujan yang terjadi kamarin cukup deras dan lama.

Dalam hitungan Harian Silampari, setidaknya tiga jam lebih, hujan yang cukup deras yakni dimulai pukul 16.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB belum juga berakhir. Tentu saja ini cukup membuat suka cita masyarakat di Kabupaten Empat Lawang yang selama ini mengalami kekeringan. “Alhamdulillah, hujan deras telah tiba, mudah-mudahan ini adalah berkah,” ungkap Reni salah seorang warga di Kampung Talangbanyu Kelurahan Tanjungkupang Tebing Tinggi.

Dikatakannya, semenjak musim kemarau dia dan keluarganya cukup kerepotan pasalnya setiap hari harus ke Sungai Musi yang jaraknya lebih dari satu kilo meter untuk beraktivitas mandi dan mencuci. Dengan adanya hujan ini dia berharap aktivitas mandi dan mencuci tidak lagi harus ke Sungai Musi.

“Hujan ini kesempatan saya untuk menampunya dengan seluruh ember dan bak yang saya punya, setidaknya besok (hari ini, Red) saya sudah dapat mencuci di rumah, tidak lagi harus ke sungai musi,” imbuhnya.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Empat Lawang, Khairullah meminta masyarakat agar tetap menjaga kewaspadaan akan bencana, sebab jika pada musim kemarau bencana kebakaran mengintai lain halnya dengan musim penghujan bencana banjir dan tanah longsor patut diwaspadai.

“Kita harus waspada, jika musim panas kebakaran baik itu lahan atau pemukiman mengintai, musim penghujan banjir dan tanah longsor mengintai kita,” ucap Khairullah.

Dikatakannya jika saat ini pihaknya telah bekerjasama dengan pihak Polres Empat Lawang dalam mengantisipasi segala kemungkinan bencana di Empat Lawang. “Peralatan yang kita punya untuk menanggulangi bencana saat ini memang dalam kekurangan, sementara yang ada memerlukan perbaikan, makanya kita bekerjasama dengan lintas sektoral untuk mengantisipasi bencana,” tandasnya. (HS-10)

___________________________

Sumber : Harian Silampari

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Kabar Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s