Pembangunan di Pulo Emass Terus Digenjot

Tebing Tinggi, Empat Lawang

IMG03995-20151008-1204

Wakil Bupati Empat Lawang, H Syahril Hanafiah beserta rombongan saat meninjau pembangunan lapak pedagang pasar tradisional di kawasan Pulo Emass, Kamis (8/10/2015).

Pembangunan pusat perekonomian dan wisata Pulo Emass di Kecamatan Tebing Tinggi terus digenjot. Tahap awal hingga akhir 2015 ini, proyeksi penyelesaian jembatan dari jalintengsum, pembukaan jalan serta pembangunan 200 unit lapak pasar tradisional.

“Pulo Emass, akan menjadi pusat bisnis dan wisata terbesar di Empat Lawang, sekaligus menjadi icon daerah,” ungkap Wakil Bupati Empat Lawang, H Syahril Hanafiah, disela peninjauan pembangunan lapak pasar tradisional pulo emass, Kamis (8/10/2015).

Syahril mengakui, pembangunan pulo emass butuh waktu cukup lama, selain itu dana diperkirakan memang besar. Makanya, secara bertahap sesuai kemampuan keuangan daerah, Pulo Emass akan disulap menjadi kawasan bisnis, perekonomian dan wisata.

Beberapa item dibangun diantaranya, jembatan penghubung dari jalintengsum Pasar Tebing Tinggi ke Pulo Emass, talud atau tembok penahan keliling pulau, lapak pasar trandisional, kolam buatan, pasar modern, masjid agung dan akses didalam kawasan pulo emass.

“2015 ini kita kerjakan jembatan dan lapak pasar tradisional, pembukaan lahan dan akses di kawasan pulo emass,” jelas Syahril, menambahkan, sebenarnya talud akan dibangun 2015 ini, mengingat keterbatasan dana maka diundur 2016 mendatang.

Pelaksana harian Bupati Empat Lawang ini pun mengisyaratkan, beberapa item peluang investasi seperti sarana hiburan, wahana, watter boom dan lainnya. Dan untuk peluang bisnis diantaranya perhotelan, caffe dan warung makan tradisional. “Kita berikan peluang pihak swasta berinvestasi, tapi nanti setelah fisik dasar pulo emass dibangun,” katanya.

Mengenai investor ? Syahril tak menampik akan banyak pihak swasta tertarik, selain letak geografis dan konsepnya, peluang investasi di Pulo Emass akan jauh lebih murah. Namun, sejauh ini belum ada pihak swasta secara langsung menemui pemkab Empat Lawang.

“Makanya nanti SKPD harus berperan mempromosikan pulo emass, baik dalam pertemuan, kegiatan dan even diluar daerah atau skala nasional. Misalnya pameran kopi Empat Lawang, silahkan promosikan juga pulo emass ini,” imbuhnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya (PU CK) Empat Lawang, Syarkowi Rasyid mengatakan, sejauh ini belum ada kendala tekhnis dalam pengerjaan proyek fisik di Pulo Emass. Hanya ada sedikit kendala terkait pembebasan lahan, namun sudah diselesaikan secara baik oleh pemerintah dan masyarakat pemilik lahan. “Tidak ada kendala, bukan cuma PU CK, tapi tim seperti PU BM, Tapem, Disperindag, Bappeda dan lainnya turun mengawal pembangunan pulo emass ini. Kita optimis semua pekerjaan rampung sesuai harapan,” kata Syarkowi. (HS-10)

__________________________

Sumber : Harian Silampari

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s