Kebun Kopi Milik Warga Terbakar

Tebing Tinggi, Empat Lawang

DSC_0147

Anggota dari Polsek Talang Padang berusaha memadamkan api yang terus membakar hutan dan lahan di Kecamatan Talang Padang, Rabu (7/10/2015).

Belum diketahui penyebanya, tiba-tiba saja api membakar  hutan dan lahan terjadi di simpang Desa Tanah Abang, Kecamatan Talang Padang Kabupaten Empat Lawang yang menyebabkan kebun kopi milik warga banyak yang terbakar pada hari Rabu (7/10/2015) sekitar pukul 14.00 WIB

Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan, jika lokasi lahan yang terbakar terdapat di pinggir Jalan Lintas Tebing Tinggi – Pendopo itu hingga pukul 16.00 WIB api masih belum dapat dikendalikan bahkan api terus merambat ke kebun kopi milik warga lainnya. Aparat kepolisian dari Polsek Talang Padang bersama warga masih berusaha memadamkan api dengan bantuan alat seadanya.

Sementara pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Empat Lawang telah dihubungi untuk menerjunkan mobil pemadam kebakaran untuk membantu pengendalian api.

Selain dekat dengan perkebunan warga, lokasi kebakaran tersebut juga dekat dengan kantor Camat Talang Padang. Oleh sebab itu warga sekitar berjibaku memadamkan api sehingga tidak menyebar luas.

“Tidak tahu juga, tiba-tiba api membesar dan membakar kebun ini, kalau disengaja itu tidak mungkin, sebab ini dekat dengan pemukiman,” ungkap Haryadi salahseorang warga saat ditanya wartawan.

Dikatakannya, jika penyebab api diduga berasal dari puntung rokok yang dibuang oleh pengendara yang kebetulan melintas. “Mungkin dari puntung rokok, sebab daun-daun kering sangat mudah terbakar jika ada percikan api sedikit saja,” jelasnya.

Kapolsek Talang Padang, Iptu Hariyanto yang ikut terjun ke lokasi kebakaran mengatakan, api baru diketahui sekitar satu jam. Setelah mengetahui adanya kebakaran itu, ia menghubungi anggotanya untuk datang ke lokasi membantu memadamkan api.

“Tadi usai mengikuti operasi sadar lintang saya lewat dan melihat ada kebakaran. Anggota langsung saya hubungi untuk bantu memadamkan api, setelah itu baru menghubungi pihak BPBD,” ujanya.

Penyebab kebakaran itu, kata kapolsek, belum diketahui. Tapi diperkirakan bukan disengaja dibakar oleh oknum. “Bukan disengaja, diduga karena puntung rokok dari pengendara. Kita harapakan masyarakat agar berhati-hati saat membuang puntung rokok, baiknya api dari puntung rokok itu dimatikan terlebih dahulu sebelum dibuang,” pungkasnya. (HS-10)

_________________________

Sumber : Harian silampari

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Kabar Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s