Banyak Ritel Modern Tidak Berizin

Tebing Tinggi, Empat Lawang

ilustrasi-ritel-modern-swalayan-supermarket

Ilustrasi (Net)

Belasan toko ritel modern yang beroperasi di Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang diantaranya ada yang belum memiliki izin. Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Kabupaten Empat Lawang, M Mursadi kepada wartawan saat disambangi di ruang tugasnya, Rabu (7/10/2015).

Dikatakannya saat ini pihak KPPT Kabupaten Empat Lawang sendiri sedang menindaklanjuti temuan tersebut. “Memang kalau dilihat mereka tidak mungkin tidak memiliki izin namun inilah yang terjadi, kita saat ini sedang menindaklanjuti hal itu,” kata Mursadi.

Dikatakannya, pihak KPPT Empat Lawang tidaklah semaunya mengeluarkan izin toko ritel modern sebab pihanya juga berkewajiban melindungi pelaku usaha kecil yang ada di Empat Lawang.

“Bahkan kami pernah menolak permohonan izin dari pihak toko ritel waralaba besar, karena pertimbangan kami saat ini jumlah toko ritel sudah lebih dari cukup,” ungkapnya.

Memang diakuinya, dalam menerbitkan izin pihaknya selalu mengedepankan pertimbangan pelayanan tekhnis (Yantek) dan pertimbangan-pertimbangan lainnya. “Tidak bisa kami keluarkan izin semau-maunya saja sebab ada standar oprasional prosedurnya,” jelasnya.

Lebih lanjut diungkapkannya, kesadaran masyarakat dan pelaku usaha untuk membuat izin masih sangat kurang. Ini terlihat pada semester 2 tahun ini saja, pihak KPPT Empat Lawang hanya memproses tidak lebih empat izin saja, padahal jika dilihat dari kasat mata saja, perkembangan bangunan dan usaha di Kabupaten Empat Lawang cukup pesat. Tentu saja ini menjadi bahan evaluasi pihak KPPT Kabupaten Empat Lawang.

“Setelah kami evaluasi, ternyata ada tiga kendala, diantaranya banyak bangunan letaknya melanggar sepadan jalan, prosedur ganda dan besaran retribusi pajak yang memberatkan pemohon,” paparnya.

Ditanya apakah ada tindakan dari KPPT sendiri bagi usaha atau bangunan yang tidak miliki izin ?, Mursadi menjelaskan jika pihak KPPT akan menindak jika diketahui ada ketidakpatuhan pihaknya akan menindak yang bersangkutan. “Kita lihat kendalanya dulu baru kita adakan tindakan, jika jelas ada ketidakpatuhan kita akan tindak,” tegasnya. (HS-10)

________________________

Sumber : Harian Silampari

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s