Penggunaan Dana BOS Banyak Yang Tidak Transparan

Tebing Tinggi, Empat Lawang

dana_BOS

Ilustrasi (Net)

Banyak pihak sekolah tidak mencantumkan di papan Pengumuman tentang Rencana Penggunaan Dana BOS (formulir BOS-03) dan item-item serta jumlah uang penggunaan dana BOS (formulir BOS -04). Selain itu pihak pengelola  BOS Tingkat Sekolah juga  tidak pernah membuat surat pemberitahuan secara tertulis kepada orang tua / wali murid  tentang Rencana dan Penggunaan dana Bos tahun berjalan.

Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris LSM Merah Putih Kabupaten Empat Lawang, Ismail Marzuki, SE kepada Mangoci4lawang Post, Selasa (7/10/2015) diungkapkannya dari salah satu hasil monitoring LSM Merah Putih Kabupaten Empat Lawang terhadap ketransparanan penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) SD dan SMP, terlihat jelas khususnya di beberapa sekolah dalam wilayah Kecamatan Tebing tinggi Kabupaten Empat Lawang.

“Terutama pada tahun anggaran 2015 ini. Padahal ini merupakan salah satu tugas dari Pengelola BOS di Tinggkat sekolah seperti yang diamanatkan oleh Petunjuk Teknis BOS Tahun 2015 atau Permendikbud nomor 161 Tahun 2014,” jelasnya.

Sejauh ini dikatakannya jika pihak LSM Merah Putih Kabupaten Empat Lawang belum mengetahui, apakah Pengelola BOS tingkat Kabupaten Empat Lawang mengetahui akan hal tersebut atau pura-pura tidak tahu. “Dan kalau beliau-beliau tersebut, tidak mengetahu, maka kami dari LSM Merah Putih Kabupaten Empat Lawang siap memberitahukan hal tersebut sampai ke Manajemen BOS Tingkat Pusat,” tegasnya.

Lanjutnya, Semuanya akan ditembuskan lengkap  dengan nama sekolah dan segala hasil temuannya setelah Kegiatan monitoring Dana BOS SD dan SMP di Kabupaten Empat Lawang tahun 2015 ini selesai.

“Jadi janganlah Keterbukaan itu dijadikan sebagai retorika dan semboyan belaka tanpa action, Sebab Keterbukaan dalam hal pengelolaan keuangan negera adalah suatu hal yang sangat penting sebagai langkah preventif untuk mencegah tindak pidana korupsi dan penyalahgunaan uang negara khususnya di Kabupaten Empat Lawang yang kita cintai ini,” ucapnya.

Lebih jauh dikatakannya, salah satu faktor percepatan pencegahan Korupsi yang sangat vital selain dari law of emforcement dari aparat penegak hukum adalah transparansi dari penyelenggara negara selaku pengguna anggaran yang nota bene adalah uang rakyat. “Ketidak transparan dari penyelenggara negara terhadap penggunaan uang rakyat di setiap lini birokrasi itu, merupakan titik awal terjadinya korupsi di negara yang kita cintai ini,” jelasnya.

Padahal menurutnya, negara sudah mengeluarkan Undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan Imformasi Publik,  tapi efektifitasnya masih belum dirasa meskipun badan-badan  Publik dan Pejabat Pengelola Informasi Publik telah dibentuk disetiap instansi pemerintah.

“Pertaturan–peraturan tentang keterbukaan informasi publik, telah diciptakan, namun tetap saja belum bekerja secara maksimal terutama pada bidang informasi penggunaan uang negara di Kabupaten Empat Lawang,” tutupnya. (021/4L)

_____________________________

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Kabar Empat Lawang, Korupsi Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s