Komite Sekolah Bantah Ada Pungli di SMPN 5

Tebing Tinggi, Empat Lawang

PUNGLI-1-1

Ilustrasi (Net)

Pihak komite SMPN 5 Lamparbaru Kecamatan Tebing Tinggi, mengaku tidak mengetahui adanya pungutan di SMPN 5 Lamparbaru Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang.

Kepada wartawan yang menyambangi kediamannya di Kelurahan Tanjungmakmur, Selasa (6/10/2015) Ketua Komite SMPN 5 Lamparbaru Tebing Tinggi, Husin Jhon menegaskan jika pihaknya cuma mengetahui jika dana yang dirembukan bersama wali murid yang anaknya bersekolah di SMP tersebut hanya sebesar Rp50 ribu.

“Kalau yang dikatakan sebesar Rp250 ribu itu saya tidak tahu, yang saya tahu kami wali murid sepakat sumbangan sebesar Rp50 ribu, peruntukannya jelas untuk pembangunan tembok pagar sekolah yang sekarang sudah selesai dikerjakan,” tegas Husin Jhon.

Dikatakannya, jika sumbangan hanya diminta pada wali murid kelas VII dan kelas VIII sementara wali murid kelas IX sengaja tidak diminta sumbangan karena mereka sudah dimintai pada tahun sebelumnya.

“Sebelum ada sumbangan ini, kami menggelar rapat komite dan para wali murid sudah sepakat meneruskan bangunan pagar pada tahun ini. Andai saja tidak ada kesepakatan pasti pembangunan pagar ini kita tunda seperti yang terjadi pada tahun ajaran 2014/2015 lalu kami tidak melakukan pembangunan pagar,” jelasnya.

Lanjutnya, rapat dengan wali murid tersebut dilaksanakan pada Agustus 2015 lalu. Saat itu wali murid kelas VII dan VIII sekitar 400 wali murid. Namun uang yang terkumpul sebesar Rp13 juta dan semuannya untuk membangun tembok pagar sekolah.

“Yang saya terima 13 juta. Bangunan tembok yang dilanjutkan panjangnya 50 meter dan sudah selesai. Bangunan tembok pagar sekolah sekarang ini belum seluruhnya mengelilingi sekolah, hanya bagian depan dan samping, masih bentuk L,” katanya.

Mengapa disarankan membangun tembok pagar sekolah, kata Husin, supaya para siswa tidak mudah bolos. Tidak menutup kemungkinan di tahun depan pihaknya akan dimusyawarahkan lagi untuk kelanjutan pembangunan tembok pagar sekolah.

“Tiap tahun dirembuk terus. Mungkin tahun depan dirembuk lagi tapi hanya kelas VII saja, sebab kelas VIII sudah di tahun ini. Namun harus ada kesepakatan lagi, jika tidak sepakat tidak akan diteruskan. Seperti tahun lalu, tidak ada yang sepakat, tidak ada sumbangan seperti ini,” jelas Husin.

Mengenai adanya pungutan yang dikatakan untuk seragam sekolah, Husin Jhon kembali menegaskan jika pihaknya tidak pernah dilibatkan dalam urusan tersebut. “Mungkin itu ada pada Koperasi sekolah, biasanya tiap tahun itu dilempar ke kita dahulu, entah apa sebabnya pada tahun ini masalah seragam tidak dirembukan ke kita,” ungkapnya.

Sementara itu, Pengawas Sekolah UPTD Disdik Tebing Tinggi, Abdul Rozi ketika dikonfirmasi menegaskan jika pihaknya belum mengetahui adanya dugaan Pungli di SMPN 5 Lamparbaru.

Ditegaskannya apapun alasannya, segala jenis pungutan di sekolah tidaklah dibenarkan. “Namun jika itu bentuknya sumbangan saya rasa itu adalah hal yang sah-sah saja. Kalau kriteria pungutan dengan sumbangan silahkan tanya Kadisdik saja,” elaknya.

Jika benar ada Pungli ?, Abdul Rozi menjelasakan jika pihaknya selaku pengawas sekolah akan memberikan teguran dan pembinaan kepada pihak sekolah agar kedepanya tidak terulang lagi.

“Kita sifatnya pembinaan, jika ditemukan adanya pungli, kita akan tegur mereka dan dilakukan pembinaan,” tandasnya. (HS-10)

_________________________

Sumber : Harian Silampari

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s