Kebakaran Hanguskan Tiga Tempat Usaha

# Pedagang Sayur Kocar-kacir Gulung Lapak Dagangangannya

IMG_0951

Kebakaran yang terjadi di wilayah RT 1, RW 3 Pasar Ilir tepatnya berseberangan jalan dengan Masjid Jami’ Daarus Saadah Kelurahan Pasar Tebing Tinggi, Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang, Jum’at (2/10/2015).

Tebing Tinggi, Empat Lawang

Aktivitas pedagang di pasar sayur yang berseberangan dengan Masjid Jami’ Daarus Saadah tiba-tiba saja terhenti. Tidak hanya itu, para pedagang terlihat panik menggulung lapak dagangannya dan beberapa orang warga berhamburan sambil meneriakan adanya kebakaran.

Ya, tak jauh dari pasar sayur di Lorong Arabia sekitar Jam 7.15 WIB, Jumat (2/10/2015) warga di wilayah RT 1, RW 3 Pasar Ilir Kelurahan Pasar Tebing Tinggi, Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang tumpah ruah dan panik melihat api yang memakan rumah papan yang berisi tiga tempat usaha yakni Tempat usaha depot air minum, warung internet (warnet) dan rumah makan.

Api membabi buta memakan rumah yang berdindinkan kayu, sementara warga yang berada disekitar rumah itu tampak kalang kabut berusaha memadamkan api dengan peralatan seadaya sembari menunggu mobil petugas pemadam kebakaran, pasalnya di kanan, kiri dan belakang rumah tersebut terdapat rumah toko (ruko) yang terancam ikut terbakar.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun Harian Silampari di lokasi, tiga unit ruko yang terbakar milik yunita (toko galon), Mari (warung makan) dan Bustomi alias Tam (warnet), api dengan cepat menyambar dari satu ruko ke ruko yang lainnya, namun atas bantuan warga sekitar, 2 unit mobil PBK, 1 unit mobil tangki PDAM dan bantuan mobil tanki air milik warga, api tidak sempat menjalar luas dan berhasil dijinakan satu setengah jam berikutnya.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini namun tiga unit ruko yang terbuat dari kayu beserta isinya ini hangus terbakar. Kerugian ditaksir sementara ini mencapai ratusan juta rupiah.

Saat ini kejadian tersebut masih ditangani oleh aparat kepolisian, babinsa koramil tebing tinggi dan dinas pemadam kebakaran dibantu warga sekitar dalam evakuasi barang yang masih bisa diselamatkan.

Menurut keterangan warga, sumber api kebakaran diduga dipicu dari korsleting listrik, sebab sebelum api terlihat oleh warga ada bau menyengat seperti bau kabel terbakar.

“Saya tidak tau persis penyebabnya apa, namun sempat ada bau menyengat seperti kabel terbakar sebelum api terlihat oleh warga,” ungkap Sonda (80) salahseorang warga sekitar.

Sementara itu, Camat Tebing Tinggi Suryadi Husin didampingi Sekcam Umar Hasan membenarkan adanya kebakaran yang menghanguskan tiga unit ruko papan dengan jumlah empat Kepala Keluarga (KK) yakni Ecik, Bustami, Mari dan Yunita.

“Kejadian kebakaran ini sudah kita laporkan kepada dinas sosial, syukurnya dalam kebakaran tidak ada korban jiwa. Untuk data otentik akibat kebakaran ini masih dalam pendataan, ” kata Umar Hasan.

Pihaknya kata Umar sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh aparat kepolisian, babinsa koramil tebing tinggi dan dinas pemadam kebakaran serta warga sekitar yang telah membantu memadamkan api sehingga api tidak menjalar ke pemukiman lainnya.
“Kami sangat mengapresiasi kerja aparat dan masyarakat yang turut membantu meminimalisir kerugian akibat kebakaran ini. Selanjutnya saya menghimbau warga karena ini musim panas untuk ektra hati-hati terhadap permasalahan api,” himbaunya.

Terpisah, Sekda Empat Lawang, H Burhansyah mengungkapkan jika pihaknya telah memerintahkan Dinas terkait untuk membantu korban kebakaran. “Saya sudah perintahkan dinas terkait agar segera melakukan tindakan seperlunya untuk segera membantu meringankan korban kebakaran pada hari ini juga,” tegasnya. (HS-10)

_____________________

Sumber : Harian Silampari

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Kabar Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s