Kades Mempertanyakan Pencairan Dana Desa

Tebing Tinggi, Empat Lawang

ilustrasi_uang1

Ilustrasi (Net)

Sejumlah Kepala Desa (Kades) di Kecamatan Tebing Tinggi mempertanyakan pencairan dana bantuan desa dari pemerintah pusat yang sampai saat ini tidak kunjung cair. Padahal semua persyaratan untuk mencairkan dana desa tersebut seperti menyelesaikan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) sudah rampung namun hingga saat ini pencairan yang ditunggu-tunggu tidak kunjung ada tanda-tandanya.

Ketua Forum Kepala Desa (FKDes) Kecamatan Tebing Tinggi, Rudi mengungkapkan jika Kades di Kecamatan Tebing Tinggi sudah melengkapi seluruh persyaratan untuk pencairan yang dimaksud, bahkan dikatakannya jika Kades sudah merevisi APBDes, namun sampai sejauh ini pihaknya belum dikonfirmasi terkait akan dicairkan dana untuk pembangunan di desa tersebut.

“Belum cair dana desa, padahal kami kades di Tebing Tinggi sudah merevisi APBDes tapi belum juga cair,” ungkapnya.

Kepala BPMPD Kabupaten Empat Lawang, M Azhari melalui Kabid Pemerintah Desa dan Kelurahan (PDK), Guntur Martandy didampingi Kasubid Pemdes, Alpian mengatakan jika persyaratan untuk pencairan dana desa memang harus selesai APBDes. Namun dikatakannya jika saat ini, ada beberapa Kecamatan belumn menyelesaikan Revisi APBDes.

“Memang belum cair, karena masih menunggu revisi APBDes yang salah di tujuh kecamatan dari sepuluh kecamatan yang ada,” kata Alpian.

Dikatakannya, jika saat dia belum bisa memastikan kapan dilakukan pencairan dana desa, kemungkinan dalam minggu ini apabila revisi APBDes telah rampaung. Aritnya, bila desa cepat memperbaiki revisi APBDes maka pencairan akan cepat dilakukan.

“Ada beberapa Kades yang menanyakan langsung dengan kita, tapi kita jelaskan sebab baru ada tiga Kecamatan yang telah menyelesaikan revisi APBDes yakni Kecamatan Tebing Tinggi, Saling dan Ulu Musi,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan Alpian, apabila semua desa sudah melakukan revisi APBDes jelas pencairan bisa dilakukan, namun apabila sebaliknya maka akan berimbas pada desa. “Jadi, bukannya belum cair tapi masih ada desa yang belum selesai merevisi APBDes di tujuh kecamatan,” tegasnya. (HS-10)

_______________________

Sumber : Harian Silampari

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s