Warga Mura Tertangkap Bawa Sabu

Saling, Empat Lawang

IMG_0695

Foto : Tersangka Zawawi alias Wawi (tidak pakai baju) saat diamankan di Mapolres Empat Lawang, Kamis (24/9/2015).

Warga Kabupaten Musirawas, Zawawi alias Wawi (40) terpaksa meringkuk di sel tahanan Mapolres Empat Lawang, setelah kedapatan membawa Narkoba jenis Sabu seberat 5,01 gram.

Zawawi ditangkap di simpang tiga jalan lingkar dekat tower BTS Desa Muarasaling Kecamatan Saling Kabupaten Empat Lawang, Kamis (24/9/2015). Dia diduga adalah kurir Narkoba, saat ditangkap hendak mengantarkan barang haram tersebut dari Desa Kebur Kecamatan Tiang Pumpung Kepungut (TPK) ke salahseorang pembeli yang telah menunggunya di Desa Muarasaling Kecamatan Saling Kabupaten Empat Lawang.

Kapolres Empat Lawang, AKBP Rantau Isnur Eka SIK melalui Kasat Narkoba, AKP Ahmad Dharmawan menjelaskan jika tersangka Zamawi adalah anak buah dari target operasi (TO) Kepolisian berinisial J yang merupakan bandar Sabu warga Desa Kebur Kecamatan TPK Kabupaten Musirawas. Dalam menjalankan bisnis haramnya ini J tidak pernah mengantarkan langsung barang pesanan konsumennya, melainkan selalu menyuruh kaki tangannya.

“J ini tidak pernah mengantarkan sendiri ke pelangannya, dia selalu menyuruh anak buahnya. Dan si Zawawi ini merupakan anak buah dari J ini, dia ditangkap setelah ada informasi yang masuk ke kita bahwa ada transaksi Narkoba. Dia ditangkap di jalan saat hendak menemui pembeli Sabu yang dibawanya dari Desa Kebur,” ungkap Ahmad Dharmawan di Tebing Tinggi, Jum’at (25/9).

Dikatakannya, saat penangkapan sempat terjadi aksi kejar-kejaran dengan tersangka Zawawi. Zawawi sendiri menurutnya adalah spesialis pengantar barang, diduga sudah sering keluar masuk Empat Lawang mengantarkan pesanan Narkoba atas perintah J.

“Barang bukti yang berhasil kita amankan adalah seperempat kantong paket yang kita duga adalah sabu seberat 5,01 gram, handphone dan motor Beat warna merah. Motor digunakan pelaku untuk mengantar barang ini adalah kepunyaan bosnya. Untuk sementara tersangka akan kita jerat dengan pasal 112 diperberat dengan pasal primer 114 subsider 112 ancaman hukumannya minimal 5 tahun maksimal 20 tahun penjara,” pungkasnya.

Sementara Zawawi alias Wawi saat dibincangi Harian Silampari, mengakui jika barang yang dia bawa adalah Sabu. Namun dikatakannya jika dia terpaksa mengantarkan barang haram tersebut atas permintaan Bosnya.

“Saya terpaksa antar barang tersebut karena saya ada hutang Rp5 juta dengan bos saya. Saya juga terpaksa antar barang tersebut karena himpitan ekonomi,” kilahnya.

Dikatakannya jika dia sudah beberapa kali mengantarkan barang haram tersebut masuk ke Kabupaten Empat Lawang dengan upah tergantung berapa banyak barang yang diantar. “Paling kecil Rp50 ribu per sekali antar, paling banyak Rp150 ribu. Saya menyesal telah melakukan ini namun bagaimana lagi, saya selama ini menjadi penyadap karet milik bos saya ini, namun karena harga getah karet yang sangat murah, saya ikuti saja perintah bos asal dapat uang,” tambahnya. (HS-10/021)

_______________________

Sumber : Harian Silampari

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Hukum dan Kriminalitas. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s