Mau Dihimbau Malah Lari Ketakutan

Tebing Tinggi, Empat Lawang

iulustrasi strum ikan

Ilustrasi (Net)

Meski hanya ingin dihimbau agar tidak melakukan penyentruman ikan di Sungai Musi, seorang pelaku penangkap ikan yang menggunakan alat strum ikan lari ketakutan ketika melihat petugas dari BLHD Empat Lawang menghampirinya saat melakukan penyetruman ikan di kawasan bawah Jembatan Musi II (Jembatan Kuning) di wilayah Kelurahan Kupang Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, Rabu (22/9/2015).

Penangkap ikan yang menggunakan alat strum ikan jenis ransel ini, lari kearah hutan hingga petugas dari BLHD Empat Lawang tidak berhasil menemukannya.

Menurut Kepala BLHD Empat Lawang, Darno Bakar melalui Kabid Amdal dan Pengelolaan Lingkungan, Iskandar M menjelaskan jika pihaknya mendapatkan laporan adanya kegiatan penangkapan ikan menggunakan alat yang dilarang dari masyarakat. Setelah dicek ternyata benar adanya aktivitas tersebut, namun sayangnya saat hendak dihampiri, pelaku buru-buru melarikan diri karena takut ditangkap dan diserahkan kepihak yang berwajib.

“Padahal kita hanya ingin menghimbau dan diberikan arahan agar tidak lagi menangkap ikan menggunakan alat yang berbahaya. Mungkin dia menduga kita akan menangkapnya, padahal tidak demikian,” ungkap Iskandar

Dikatakannya jika pihaknya mengapresiasi setiap laporan masyarakat ke pihaknya, termasuk penangkapan ikan yang menggunakan alat-alat yang berbahaya karena memang dapat merusak lingkungan. “Menangkap ikan yang mengunakan bahan-bahan berbahaya itu memang dilarang dan ada ancaman hukumannya, karena memang dapat merusak lingkungan,” imbuhnya.

Lebih lanjut disampaikannya, jika setiap aduan masyarakat selalu ditindaklanjuti oleh pihaknya. Pihaknya sangat menyesalkan adanya pemberitaan miring yang menganggap BLHD Empat Lawang dikatakan “Lumpuh”. “Tentu saja hal itu tidak benar, kita selalu menindaklanjuti setiap aduan masyarakat. Dan setiap kasus mengenai lingkungan ada delik aduan dan ada yang bukan. Untuk kasus perumahan griya permai sejahtera adalah delik aduan dan hingga saat ini tidak ada aduan untuk itu, bagaimana kita bisa menindaknya,” jelasnya.

Dijelaskannya, hingga saat ini pihak perumahan Griya Permai Sejahtera tidak pernah mengajukan berkas UKL-UPL, oleh sebab itu pihak BLHD Empat Lawang tidak pernah memproses izin lingkungannya. Sementara adanya sengketa antara pihak penghuni perumahan dengan pihak pengembang, pihaknya siap memprosesnya jika memang ada aduannya yang masuk. “Jika secara lisan, nanti kita suruh pelapor isi formulir aduan. Jangan segan, setiap data pelapor akan tetap kita rahasiakan sampai kapanpun karena memang sudah dilindungi oleh undang-undang. Intinya, kita hanya akan memproses aduan yang jelas dan bertanggungjawab,” terangnya.
Lebih jauh disampaikannya, jika aduan harus berdasarkan Kepmen No. 19 Tahun 2004. “Nah, ketika tidak sesuai dengan aturan, tentu setiap pelanggaran terhadap Undang-undang lingkungan tidak dapat kita proses,” tutupnya. (HS-10/021)

____________________

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Mau Dihimbau Malah Lari Ketakutan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s