Belum Pernah Dipakai, RPH Kembali Direhab

Saling, Empat Lawang

Tebing Tinggi-20150919-02643

Salahsatu bangunan penunjang Rumah Potong Hewan (RPH) yang sedang dikerjakan oleh pihak rekanan DP3 Kabupaten Empat Lawang. Foto diabadikan, Sabtu (21/9/2015).

Bangunan rumah potong hewan (RPH) yang berada di Jalan Lintas Tengah Sumatera (Jalintengsum) kawasan talang 12, Kecamatan Saling Kabupaten Empat Lawang, direhab. Tidak cuma direhab, bangunan RPH yang belum pernah difungsikan itu kini juga dibangun perlengkapan pendukung seperti bangunan kandang ternak dan pagar beton.

Tentu saja hal ini dipertanyakan warga, sebab mereka menilai jika tiga paket proyek milik Dinas Pertanian, Perternakan dan perikanan (DP3) Kabupaten Empat Lawang tersebut adalah proyek pemborosan anggaran negara yang hanya menguntungkan rekanan pelaksana proyek saja.

“Aneh saja, masa bangunan yang belum pernah difugsikan justru direhab, mendingan dananya dibantukan pada petani untuk modal produksi, lebih jelas manfaatnya,” ungkap Rohidin warga Kecamatan Saling Kabupaten Empat Lawang.

Dikatakannya, setau dirinya, bangunan yang usai dibangun pada 2012 silam itu, tidak pernah dimanfaatkan, yang lebih aneh lagi, bangunan awal yang berasal dari dana APBN itu, hampir setiap tahun ada saja proyek di lokasi bangunan tersebut, dari mulai jalan setapak hingga pagar. Sementara hingga sekarang ini bagunan tersebut tidak pernah difungsikan.

“Hampir setiap tahun ada saja proyek di sana, sementara yang kita tau ini tidak pernah difungsikan,” ujarnya.

Kepala DP3 Kabupaten Empat Lawang, Rudianto melalui kabid perternakan, Jhon Heri Hanura, saat dikonfirmasi di ruang tugasnya, Senin (21/9/2015) mengatakan adanya selentingan seperti itu memang dapat dimaklumi karena memang selama ini RPH tersebut belum difungsikan karena belum memiliki peralatan yang lengkap seperti alat potong, kandang ternak, maupun rumah potong sendiri perlunya tambahan perbaikan.

“Jadi, selama ini alasan belum difungsikan karena belum memiliki alat pemotong hewan, alat perlengkapan itu baru dilengkapi tahun ini, Insya Allah tahun mendatang sudah berfungsi, wajar jika dipertanyakan masyarakat selama ini tidak difungsikan justru dibangun,” jelasnya.

Diakuinya jika saat ini rehab bangunan RPH dan bangunan penunjang lainnya, dilakukan oleh pihak ketiga dengan tiga paket berbeda, diantaranya rehab RPH, pembuatan kandang, dan pembuatan pagar serta pos penjagaan RPH.

“Kami berharap pembangunan ini benar-benar sesuai, sehingga dapat berfungsi maksimal kelaknya,” imbuhnya.

Lebih lanjut ditegaskanya, jika awal tahun 2016, bangunan RPH akan difungsikan. Beberapa hal yang masih perlu dilengkapi pada RPH tersebut diantaranya pengolaan limbah, pihaknya baru berencana akan membuat semacam tempat pengolaan limbah yang berfungsi dapat menghasilkan biogas agar dapat dimanfaatkan masyarakat.

“Awal tahun Insya Allah akan berfungsi, tinggal melengkapi tempat pengolaan limbah nantinya diharapkan bisa dikelolah menjadi biogas,” pungkasnya. (HS-10)

____________________

Sumber : Harian Silampari

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Belum Pernah Dipakai, RPH Kembali Direhab

  1. Di pakai aja belum kok sudah di rehap lagi pak….? ngabisin anggaran saja…..!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s