Buruh Sawit Alih Profesi Jadi Penggali Sumur

Tebing Tinggi, Empat Lawang

Sucipto saat bekerja menggali sumur (1)

Sucipto, saat mengerjakan borongan penggalian sumur, Kamis (17/9/2015)

Karena harga buah tandan segar (BTS) sawit, petani sawit di Kabupaten Empat Lawang alih profesi sebagai penggali sumur. Seperti yang diungkapkan Sucipto, warga Dusun Lawangagung Desa Tanjungkupang Baru Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang, dia mengaku semenjak harga BTS Sawit merosot hingga Rp500 per Kilogramnya (Kg) dia terpaksa harus mencari pekerjaan lain untuk mencukupi kebutuhan keluarga.

“Saya sehari-hari adalah buruh di perkebunan sawit milik warga, semenjak harga sawit murah, pemilik perkebunan menghentikan sementara pengelolaan perkebunan oleh para buruh seperti kami. Alasannya, biaya pembayaranupah buruh tidak sebanding dengan hasil penjualan BTS sawit,” ungkap Sucipto saat dibincangi wartawan, Kamis (17/9/2015).

Karena itulah dia bersama buruh yang lain mencari pekerjaan lain dan kebetulan ini pada musim panas sumur-sumur warga banyak yang kering, dia pun bekerja sebagai penggali sumur.

“Kebetulan sekarang ini musim panas, sumur warga semuanya kering, jadi sekarang ini kita beralih pekerjaan sebagai penggali sumur,” ungkap.

Disampaikannya, saat ini hampir seluruh sumur warga di Desa Tanjungkupang Baru mengalami kekeringan, oleh karena itu banyak warga meminta bantuan untuk menguras bahkan mendalami sumurnya. “Hampir semua sumur warga di sini alami kekeringan, alhamdulillah sebagian warga yang meminta bantuan mendalami sumurnya sudah tidak lagi mengeluhkan kekurangan air bersih,” jelasnya.

Lanjutnya, untuk pengurasan sumur serta mengangkat lumpur di dalam sumur, pihaknya hanya mematok harga Rp100.000,- sementara untuk mendalami sumur, Dia mematok harga Rp150.000,- per meternya tergantung tingkat kesulitan dan kekerasan tanah yang digali.

“Saya berkerja berdua dengan teman, ada yang bertugas menggali dan saya sendiri menderek material tanah galian dari dalam sumur. Satu hari paling banyak 2 meter untuk penggalian sumur,” ucapnya. (HS-10)

________________________

Sumber : Harian Silampari

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s