Urine Empat Oknum PNS Positif Narkoba

Tebing Tinggi, Empat Lawang

unnamed (2)

Foto : Sarasehan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) pada Ibui-ibu hamil yang digelar oleh BNN Kabupaten Empat Lawang, di Hotel Zulian Transit Tebing Tinggi, Rabu (16/9/2015)

Pasca dilakukannya tes urine oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Empat Lawang, terhadap sejumlah PNS di lingkungan Pemkab Empat Lawang beberapa waktu lalu, sedikitnya ada Empat orang PNS yang dinyatakan positif mengkonsumsi Narkoba. Atas temuan tersebut, Pemkab Empat Lawang berjanji akan melakukan tindakan tegas, dengan memberikan sanksi kepada PNS yang dinyatakan positif menggunakan Narkoba.

“Sanksi tegas siap kita berlakukan, sesuai dengan peraturan pemerintah tentang disiplin Abdi Negara,” ungkap Pembina PNS sekaligus Sekretaris Daerah (Sekda) Empat Lawang, Burhansyah.

Namun Burhansyah belum bisa memberikan kepastian, terkait jenis sanksi.  Sebab, masih menunggu status PNS dimaksud, apakah mereka sekedar pemakai, pecandu atau bahkan pengedar. “Sanksi ringan berupa peringatan, hingga sanksi terberat siap menanti mereka,” jelas Burhansyah seraya menambahkan, data PNS yang diketahui positif menggunakan Narkoba belum disampaikan padanya.

Sementara Kepala BKD Empat Lawang, Hamdan menyatakan, hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan data pasti dari BNN Kabupaten Empat Lawang, terkait nama-nama PNS yang dinyatakan positif menggunakan Narkoba. “Saya baru tahu dari rekan-rekan media, jika ada PNS yang positif Narkoba. Makanya kami belum bisa mengambil langkah-langkah, untuk menentukan sanksi,” ujar Hamdan.

Menurutnya, jika sudah mendapatkan data resmi dari instansi terkait, maka BKD akan menindaklanjutinya hingga memberikan laporan resmi ke Sekda Empat Lawang. “Pemberian sanksi terhadap PNS yang melanggar disiplin, tentunya melalui prosedur yang sesuai dan mengacu pada peraturan pemerintah,” jelasnya.

Sementara di tempat terpisah, Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Empat Lawang, Efran Nizal dihadapan Ibu-ibu hamil dari Kelurahan Pasar Tebing Tinggi, Kelurahan Jayaloka, Kelurahan Kupang dan Kelurahan Kelumpang Jaya dalam Kecamatan Tebing Tinggi saat Sarasehan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) yang digelar oleh BNN Kabupaten Empat Lawang, di Hotel Zulian Transit Tebing Tinggi, menghimbau agar Ibu rumah tangga sebagai orang yang paling tahu dengan keluarganya, harus lebih peka setiap perubahan prilaku anggota keluarga termasuk anak atau suami. Seperti anak, yang sebelumnya adalah periang namun tiba-tiba jadi pendiam atau jika ada penurunan tingkat prestasi belajarnya. Sang ibu harus lebih tahu perubahan prilaku tersebut dan harus ingin tahu apa yang menjadi penyebabnya.

“Termasuk suami, jika sebelumnya tidak suka marah-marah namun tiba-tiba saja jadi pemarah, atau jika biasanya tidak pernah pulang larut malam namun tiba-tiba selalu pulang larut malam tanpa alasan yang jelas, seorang ibu rumah tangga harus mencurigai perubahan prilaku tersebut jangan-jangan sudah mulai menjadi pemakai Narkoba,” jelas  sarasehan BNN bagi

Dikatakanya jika tugas Ibu-ibu adalah mengingatkan kembali betapa berbahaya Narkoba bagi bangsa ini. Memang diakui jika bahaya Narkoba tidak bisa diberantas, namun dapat dicegah sedini mungkin sehingga anggota keluarga dapat terhindar dari penyalahgunaan Narkoba. “Tidak ada kata lain, Narkoba dapat membunuh siapapun tidak terkecuali orang yang paling dekat dengan kita pun dapat menjadi korbannya,” imbuh Efran.

Pada kesempatan itu juga Efran mengingatkan jika para pengguna Narkoba hendaknya segera melaporkan ke pihak BNN, sebab jika yang bersangkutan secara sukarela melaporkan diri maka pihak BNN akan segera merehabilitasi yang bersangkutan.

“Jika para pemakai Narkoba tertangkap maka proses hukum yang akan dilakukan dalam arti kata sang pemakai dapat dipidanakan sesuai dengan hukum yang berlaku, bukan direhabilitasi seperti yang dilakukan pada para pecandu Narkoba yang secara baik-baik melaporkan diri,” tutupnya. (HS-10)

_______________

Sumber  :  Harian Silampari

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Hukum dan Kriminalitas, Kabar Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s