Empat Rumah dan Satu Mushala Terbakar

Lintang Kanan, Empat Lawang

kebakaran1

Kebakaran di desa Pagar Jati, Kecamatan Lintang Kanan yang menghanguskan empat rumah dan satu mushollah, Minggu, 6/9/2015 (IST)

Kebakaran yang menghanguskan sedikitnya empat unit rumah dan satu bangunan mushala serta sedikitnya empat rumah warga terpaksa dirusak untuk menghindari api menyambar ke rumah lainnya terjadi di Desa Pagar Jati Kecamatan Lintang Kanan Kabupaten Empat Lawang, Minggu (6/9/2015) pagi sekitar pukul 8.30 WIB.

Meski tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun kerugian ditaksir hingga ratusan juta rupiah.

Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan jika api berasal dari rumah milik Mahadi, belum diketahui pasti penyebabnya namun beberapa sumber warga menyebutkan jika api diduga dari tabung gas elpiji sebab sebelum terjadi kebakaran diawali dengan sebuah ledakan yang cukup keras. Sementara berdasarkan pernyataan resmi dari Kepolisian dan BPBD Empat Lawang api bersumber dari Korsleting listrik.

“Awal kejadian, seketika api langsung membesar setelah ada ledakan yang cukup keras di rumah Mahadi,” ungkap Kornelis salahseorang warga saat dibincangi Harian Silampari.

Dikatakannya, setelah itu api tidak dapat dijinakan lagi, barulah datang mobil unit PBK dari UPTD BPBD Empat Lawang, api langsung bisa dipadamkan. “Sekitar dua jam lah api benar-benar dapat dipadamkan, ya kita berharap para korban dapat tabah menghadapi musibah ini,” imbuhnya.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Empat Lawang, Khairullah ketika dikonfirmasi membenarkan adanya musibah kebakaran tersebut. Dikatakannya, pihak pemadam kebakaran dan dibantu masyarakat sudah berhasil menjinakan api sesaat setelah PBK yang datang dari Kecamatan Pendopo, Lintang Kanan dan Muara Pinang tiba di lokasi. “Ya benar ada kebakaran di Desa Pagar Jati Kecamatan Lintang Kanan, alhamdulillah api berhasil dijinakan oleh PBK dibantu masyarakat sekitar. Syukurnya tidak ada hembusan angin yang cukup kencang sehingga api dapat dilokalisir. Berdasarkan laporan yang kita terima, api berasal dari korsleting listrik,” ungkap Khairullah.

Camat Lintang Kanan, Irwansyah ketika dikonfirmasi mengatakan empat rumah yang ludes yakni Mahadi, Jamaidi, Pero dan Herman. Asal api belum diketahuinya namun pihaknya sudah membuat laporan dan segera dilaporkan ke Dinas Sosial Empat Lawang.

“Mudah-mudah besok bantuan segera disalurkan kepada korban kebakaran. Kerugian materi ditaksir Rp800 juta karena di dalam rumah ada sepeda motor, uang dan barang berharga lainnya yang ikut terbakar,” ujarnya.

Dijelaskannya, rumah Jamaidi dihuni lima orang, Pero empat orang, Herman empat orang dan Mahadi enam orang.

Terpisah Kapolsek Lintang Kanan, Iptu Joni Indrajaya mengatakan, korban jiwa tidak ada dalam kejadian tersebut. Asal api dari rumah Mahadi diduga karena konsleting listrik. Kerugian materil ditaksir mencapai ratusan juta.

“Selain rumah ludes ada empat rumah yang rusak karena takut disambar api yakni rumah Armin, Sam, Rodet dan Dol,” pungkasnya. (HS-10)

  • Rumah Habis terbakar
    7 kk 24 jiwa
    1. Jang maini / zulma
    2. Mahadi / meli
    3. Pero / neni
    4. Erman / sukmi

    Rumah rusak berat
    8 kk 27 jiwa
    1. Ahmad / hodijah
    2. Marwi / maryati
    3. Armin / esmi
    4. Syamsudin / aini

    Rumah rusak ringan
    11 kk 42 jiwa
    1. Sulastri / surga
    2. Suganda / yusneli
    3. Mat ning / zainab
    4. Burlian / izon
    5. Harun / khodija
    6. Alex / aziza
    7. Novan / winda

    Sumber data : BPBD Empat Lawang

___________________________

Sumber : Harian Silampari

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Kabar Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s