Wajib Bawa STNK Asli

Tebing Tinggi, Empat Lawang

Tebing Tinggi-20150903-02482

Iptu Indra Jaya Syahputra

Guna meminimalisir kejahatan di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati, Polres Empat Lawang akhir-akhir ini sering melakukan razia-razia gabungan kendaraan bermotor.

Tentu saja hal ini membuat bingung masyarakat yang memiliki kendaraan, sebab masyarakat selama ini tidak terbiasa membawa surat tanda nomor kendaraan (STNK) karena takut hilang.

“Jadi bagaimana ini, saya tidak pernah membawa STNK yang asli. Karena takut hilang yang asli saya tinggal di rumah sementara yang fotocopyan saya selalu bawa, kira-kira kalau ada razia saya bisa kena tilang ngak?,” tanya Ridi salahseorang warga.

Kapolres Empat Lawang, AKBP Rantau Isnur Eka SIK melalui Kasatlantas, Iptu Indra Jaya Syahputra menjelaskan jika pengendara kendaraan bermotor wajib menunjukan STNK yang asli dan surat izin mengemudi (SIM) yang asli apa bila diminta oleh petugas kepolisian. Mengenai apakah boleh menunjukan kedua surat tersebut dalam bentuk fotocopyan, tentu saja hal tersebut tidak dibenarkan.

“Jika saya tanya mana yang dapat dibelanjakan, uang asli atau uang fotocopyan ?, tentu jawabannya sudah pasti uang asli. Jadi yang benar itu yang asli dibawa, yang fotocopyan disimpan di rumah, jika suatu saat yang asli hilang atau tercecer di jalan, yang fotocopyanlah yang nanti dapat dijadikan syarat untuk mengurus surat yang baru,” jelasnya.

Lebih lanjut Indra Jaya menjelaskan, beberapa diantara masyarakat yang terjaring razia mengaku jika STNK sedang dalam pengurusan pajak sementara yang bersangkutan tidak dapat menunjukan surat jalan yang diterbitkan oleh pihak Samsat. Oleh sebab itu, dirinya menghimbau masyarakat Empat Lawang agar membawa surat jalan tersebut apabila STNK asli dalam pengurusan pembayaran pajak.

“Saat membayar pajak, sudah pasti dikasih surat jalan sebagai bukti STNK asli dalam pengurusan pembayaran pajak, oleh sebab itu surat jalan yang diterbitkan oleh pihak Samsat itu harus dibawa sebab itu adalah pengganti bukti STNK yang asli,” pungkasnya. (HS-10)

________________________

Sumber : Harian Silampari

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Hukum dan Kriminalitas. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s