Anggota Dewan Tidak Puas Jawaban Eksekutif

Tebing Tinggi, Empat Lawang

Tebing Tinggi-20150904-02497

Suasana Rapat Paripurna DPRD Empat Lawang dengan agenda mendengarkan jawaban eksekutif atas pandangan umum fraksi terhadap Raperda Perubahan APBD tahun anggaran 2015 serta RKUA PPAS tahun anggaran 2016, Jum’at (4/9/2015).

Semua alat rekam e-KTP di tiap kecamatan ada yang rusak dan hilang. Warga pun terpaksa datang ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) di Tebing Tinggi untuk membuat e-KTP.

“Untuk rekam e-KTP dilakukan di kecamatan sudah tidak bisa karena alat rekaman e-KTP semuannya rusak dan ada yang hilang,” ujar Wakil Bupati Empat Lawang, H Syahril Hanafiah saat Rapat Paripurna DPRD Empat Lawang, Jumat (4/9/2015) dengan agenda mendengarkan jawaban eksekutif atas pandangan umum fraksi terhadap Raperda Perubahan APBD tahun anggaran 2015 serta RKUA PPAS tahun anggaran 2016.

“Semua alat rekam e-KTP sudah ditarik dan di bawa ke pusat. Kalau alat yang hilang sudah diminta ke pihak camat untuk membuat laporan kehilangan sehingga bisa dilaporkan ke pusat untuk diganti,” lanjutnya.

Tentu saja jawaban tersebut membuat anggota DPRD Kabupaten Empat Lawang Indra Farazak tidak sependapat atas jawaban Eksekutif yang disampaikan oleh Wakil Bupati Empat Lawang sebagai jawaban dari pihak eksekutif. Tidak hanya Indra Farazak melainkan Windra Sapri pun demikian.  Tidak sependapatnya dua anggota DPRD karena jawaban eksekutif dinilai tidak memberikan solusi.

Sebab menurut Indra Farazak perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) di kantor Kecamatan sangat penting mengingat masyarakat Empat Lawang masih banyak yang belum memiliki KTP bahkan untuk berurusan yang lain seperti pembuatan Akte Kelahiran maupun mengurus Kartu Keluarga (KK).

“Kenapa dianggap perlu perekaman KTP di Kecamatan terutama masyarakat yang berada di Paiker, Ulu Musi dan sekitar, sebab masyarakat sangat keberataan untuk ke Tebing Tinggi mengurus KTP, KK dan Akte Kelahiran,” tegasnya.

Bayangkan saja bagi masyarakat yang berada di Ulu musi dan Paiker untuk ke Tebing Tinggi butuh biaya trasportasi sehingga masyarakat keberataan, namun apabila pelayanan tersebut sudah ada di Kantor Kecamatan otomatis ongkos transportasi akan lebih ringan.

“Paling tidak pemerintah memprogramkan pembuatn KTP di Kecamatan atau peralatan yang rusak diperbaiki karena ini menyangku soal pelayanan publik,” ujarnya.

Senada dikatakan Windra Sapri, menurutnya, pemerintah semestinya mengadakan mobil pelayanan KTP, kalau pelayanan hanya di Tebing Tinggi kasih dengan masyarakat yang berada jauh dari Kota Tebing Tinggi. “Semestinya pemerintah jemput bola dengan mengadakan mobil keliling pelayanan KTP ke tiap kecamatan,” ujarnya.

Anggota fraksi Golkar ini juga mengatakan, mengenai akte kelahiran masih banyak masyarakat belum ada akte bahkan masih ada masyarakat yang belum memiliki buku nikah, ini yang menjadi permasalahan untuk membuat akte kelahiran, sedangkan akte kelahiran ini perlu untuk masuk sekolah maupun melamar pekerjaan.

“Bukan soal KTP dan KK saja melainkan mengenai akte kelahiran dan buku nikah juga masih menjadi masalah sampai saat ini,” pungkasnya. (HS-10)

_________________________

Sumber : Harian Silampari

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Berita Emmpat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s