Sapi Bantuan Dipotong Ketua Poktan

Tebing Tinggi, Empat Lawang

berkeliaran-03

Ilustrasi (IST)

Sapi bantuan Pemerintah pusat melalui Badan Pelaksana Penyuluh dan Ketahanan Pangan (BP2KP) Kabupaten Empat Lawang yang seharusnya menjadi sapi percontohan yang dikelola oleh salsatu Kelompok Tani (Koptan) di Desa Tanjungning Lama Kecamatan Saling Kabupaten Empat Lawang, dipotong dan dagingnya dijual oleh oknum Ketua Koptan desa setempat tanpa ada pemberitahuan ke anggota Koptan dan pihak BP2KP Empat Lawang.

Hal ini diungkapkan salahseorang pemuka masyarakat setempat, Muhar Sosiba kepada Harian Silampari, Sabtu (29/8/2015) saat dibincangi di Tebing Tinggi disebutkannya jika sapi yang seharusnya menjadi percontohan masyarakat itu telah dipotong dan dijual dan hasil penjualan daging sapi yang diketahui berjumlah 2 ekor ini telah dipergunakan untuk kepentingan pribadi oknum ketua kelompok tani tersebut.

“Kami sangat menyayangkan kejadian ini, sebab sapi itu untuk percontohan masyarakat. Apalagi diketahui, hasil penjualan sapi itu juga dipergunakan untuk kepentingan pribadi yang bersangkutan,” ungkap Muhar yang juga salahseorang penyuluh pertanian pertanian swadaya (PPS) desa setempat.

Diungkapkannya, kejadian itu diketahui dirinya setelah adanya laporan masyarakat yang mengatakan jika sapi bantuan tersebut telah dijual sebelum lebaran Idul Fitri 1436 Hijriyah kemarin. Untuk memastikan hal tersebut, Ia bersama warga lainnya mengecek ke kandang dua ekor sapi bantuan tersebut, namun ketika dicek benar jika dua ekor sapi sudah lama tidak ada di kandang. “Berdasarkan pengakuan warga, oknum ketua kelompok tani sudah menjual dua ekor sapi tersebut dengan cara dibantai terlebih dahulu, dan hasil menjual sapi milik warga ini dipergunakan untuk kepentingan pribadi yang bersangkutan,” terangnya.

Dengan adanya kejadian ini kata Muhar, pihaknya akan melaporkan hal ini ke pihak BP2KP dan meminta untuk segera mengusut kejadian ini sebab oknum Ketua Kelompok Tani ini telah melakukan perbuatan yang menguntungkan diri sendiri melalui kelompok tani yang diketuainya.

“Tidak hanya ke badan penyuluh empat lawang, kita juga akan laporkan hal ini ke jalur hukum, sebab perbuatannya sudah merugikan kepentingan masyarakat,” tegasnya.

Sementara, Zainal Ketua Poktan di Desa Tanjungning Lama Kecamatan Saling Kabupaten Empat Lawang yang dituding telah menjual sapi bantuan tersebut untuk kepentingan pribadi ketika dikonfirmasi tidak menapik hal tersebut. Namun dikatakannya jika hal tersebut terpaksa dia lakukan karena anaknya sedang mengalami masalah hukum dan memerlukan biaya untuk urus perkaranya.

“Aku terpaksa lakukan itu karena anakku kemaren ada masalah dengan hukum, oleh karena butuh biaya pengurusan perkaranya terpaksa sapi itu aku potong dan dagingnya aku jual. Uangnya sebanyak 15juta rupiah semuanya sudah habis urus perkara anakku,” ungkap Zainal bernada menyesal.

Dikatakannya jika sapi itu adalah hibah dari kementerian melalui BP2KP Empat Lawang kepada kelompok taninya untuk digemukan dan akan dipotong juga akhirnya. “Hingga saat ini anggota kelompok tani tidak ada yang tau karena memang selama ini memang aku yang urus. Nanti juga kalau ada uang akan aku ganti lagi sapi itu,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala BP2KP Empat Lawang, H Fadila Marik hingga berita ini naik cetak belum juga dapat dikonfirmasi. (HS-10)

________________________

Sumber : Harian Silampari

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s