Kades Khawatir Dana Desa Tidak Cair

dana-desa-ilustrasi-_130203211801-395

Ilustrasi (IST)

Tebing Tinggi, Empat Lawang – Takut dana desa tidak dapat dicairkan, sejumlah Kepala Desa (Kades) di Kecamatan Ulumusi turut mempertanyakan dana desa dari bantuan APBN tersebut ke pihak Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD), Kamis (27/8/2015).

Diantaranya Kades Kunduran Kecamatan Ulumusi, Juanda bersama sejumlah Kades lainya mengaku takut dana desa tersebut tidak cair tahun ini sebab dapat berimbas pada pencairan dana desa di tahun berikutnya tidak diberikan lagi ke Kabupaten Empat Lawang, alias diblacklist.

“Kami hanya mempertanyakan kapan cairnya, takutnya kalau ditahun ini tidak dicairkan, kabupaten kita bisa saja diblaklist untuk dana itu, karena isu yang berkembang seperti itu,” ungkapnya.

Kepala BPMPD Empat Lawang, M Azhari saat dikonfirmasi mengatakan dana tersebut akan cair namun syarat untuk mendapatkan dana desa tersebut Kades harus menyelesaikan dokumen berupa APBdes, RKP, dan RPJMdes. Saat ini hanya sebagian Kades saja yang telah menyelesaikan dokumenya diantaranya beberapa desa dari Kecamatan Ulumusi, Saling dan Sikapdalam.

“Jadi dana itu sudah ada di DPPKAD tidak lagi dipusat, kalau dokumenya dari kades selesai secepatnya cair,” terang Azhari.

Ditegaskannya, dana desa tersebut tidak mungkin tidak cair atau diblacklist untuk tahun mendatang jika memang persyaratan dari desa sudah siap akan segera dibawa ke DPPKAD. Perlu diketahui, besaran bantuan dana desa tersebut tidak semua desa sama.  Untuk kabupaten Empat Lawang yang menerima dana desa sekitar Rp 41 Milyar diberikan sebanyak 147 desa dari 149 desa yang ada, karena dua desa belum menerima statusnya masih sebagai desa persiapan. Dengan proses pencairan tiga tahap, ditahap pertama sebanyak 40 persen, tahap kedua 40 persen dan tahap ketiga 20 persen.

“Yang jelas kalau dokumenya APBdes, RKP, RPJMdes dari desa lengkap segera kami usukan ke DPPKAD,” terangya. (021)

 

 

 

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s