Pilkades Empat Lawang Siap Jadi Contoh Daerah Lain

P1

Bupati Empat Lawang H Budi Antoni Aljufri (HBA) bersamaa Kepala BPPT, Andrari Gratian Garu saat meninjau TPS

Pilkades 1

HBA Saat meninjau pelaksanaan Pilkades

Pilkades 5

Para Kandidat Calon Kades saat pelaksanaan Pilkades di desa

PELAKSANAAN Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) dengan sistem e-Voting serentak gelombang I di Kabupaten Empat Lawang yang dimulai 25 mei hingga 3 Juni 2015 yang juga pelaksanaan Pilkades sistem e-Voting yang dilakukan dalam satu wilayah Kabupaten/Kota secara serentak pertama di Indonesia berlangsung lancar dan tidak ditemui permasalahan yang berarti.

Pilkades di 101 desa dalam wilayah Kabupaten Empat Lawang, dibagi dalam 5 (lima) wilayah pilihan yakni, wilayah pilihan I Kecamatan Muara Pinang dan Lintang Kanan, wilayah pilihan II Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker) dan Ulu Musi, wilayah pilihan III Kecamatan Sikap Dalam dan Pendopo Barat, wilayah pilihan IV Kecamatan Pendopo dan Talang Padang, serta wilayah V Kecamatan Tebing Tinggi dan Saling, meski sebelumnya penggunaan alat e-Voting belum pernah dilakukan di Kabupaten Empat Lawang, kepercayaan dan antusias masyarakat menyalurkan hak suaranya sangat tinggi.

Hal tersebut tak lepas dari keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang bersama stockholder yang ada dari mulai sosialisasi hingga pelaksanaan berlangsungnya Pilkades itu sendiri.

Kepala Program Sistem Elektronik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Andrari Gratian Garu mengungkapkan, Pilkades sistem E Voting serentak di Empat Lawang hasilnya luar biasa. Padahal, sebelumnya sempat ragu, jika pelaksanaannya akan sukses seperti ini.

“Sebelumnya sempat ragu, namun diluar dugaan hasilnya sagat luar biasa dan sukses. Ternyata mereka antusias, sehingga pelaksanaannya bisa lancar dan ini akan jadi pilot project,” ungkapnya di sela-sela peninjauan pelaksanaan Pilkades evoting di wilayah pemilihan V didampingi Bupati Empat Lawang, H Budi Antoni Aljufri (HBA) dan Ketua KPU Gorontalo, Amirkum.

Selain pelaksanaan pemilihannya, lanjutnya Perda pelaksanaan Pilkades e-Voting ini juga menjadi contoh, karena menjadi kabupaten pertama yang telah menerapkan Perda terbaru berdasarkan amanat undang-undang. “Memang di beberapa daerah sudah melaksanakan Pilkades sistem e-Voting, namun selain tidak serentak Perda yang digunakan masih yang lama,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Empat Lawang H Budi Antoni Aljufri (HBA), tak menampik masih minimnya pemahaman demokrasi di sebagian kecil masyarakat Empat Lawang. Sebab, masih ada tim sukses calon kades melakukan hal bodoh dengan kekerasan, pasca pengumuman hasil perolehan suara. Namun kata HBA, secara keseluruhan Empat Lawang telah sukses melaksanakan pesta demokrasi, pilkades serentak 101 desa dengan sistem e-Voting.

“Ini perdana di Indonesia, kita pun menjadi percontohan bagi daerah lain di Indonesia,” kata HBA juga memberikan apresiasi, kepada semua pihak telah mensukseskan pilkades serentak di Empat Lawang.

HBA menambahkan, hasil Pilkades menjadi acuan, bahwa Empat Lawang siap melaksanakan Pilkada sistem e-Voting, bahkan Pileg dan Pilpres mendatang. “Tinggal lagi KPU, silahkan nanti bahas tekhnis dan aturannya agar lebih efektif,” imbuhnya. (ADV)
Pilkades 3Pilkades 2

————————————-

Sumber  :  Harian Silampari

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s