Diancam Demo, Bantuan Gubernur Langsung Diserahkan

20130525200009819

Ilustrasi

Tebing Tinggi, Empat Lawang

Warga dua desa di Kecamatan Muara Pinang yakni Desa Tanjung Tawang dan Gedung Agung mempertanyakan bantuan dari Gubernur Sumsel belum juga diturunkan kepada warga yang terkena bencana angin puting beliung beberapa waktu lalu, sebab ada yang sudah menerima dana bantuan, namun ada yang belum.

“Kita hanya mempertanyakan mengapa bantuan bencana untuk kami ada yang sudah dibagikan dan ada yang belum dapat, terus terang kami yang belum mendapatkan itu menanti-nanti bantuan itu segera dibagikan,” cetus salahseorang warga yang namanya enggan disebutkan.

Dikatakanya, sejak bantuan itu dibagikan secara simbolis oleh Gubernur Sumsel bertempatan pada hari Paripurna HUT Empat Lawang tempo hari, dana bantuan tersebut tak kunjung dibagikan padahal Masyarakat sangat membutuhkan bantuan yang berbentuk uang tunai itu untuk keperluan membangunan kembali rumahnya yang rusak akibat dihantam angin puting beliung. “Harusnya, usai acara simbolis penyerahan bantuan oleh Pak Alex itu sudah diserahkan pada kami, namun hingga kini belum ada kejelasan, jika tidak segera dicairkan kami akan datangi langsung ke kantor BPBD untuk berdemo,” ancamnya.

Secara terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Empat Lawang, Khairullah melalui Sekretarisnya, Nuril Hayati saat dikonfirmasi Wartawan, Rabu (29/4/2015). mengatakan jika penundaan tersebut bukan karena disengaja oleh pihak BPBD Empat Lawang, namun menunggu momen yang tepat.

“Dikarenakan menunggu waktu yang tepat. Jadi tertundalah pembagiannya. Rencananya bapak Khairul inikan baru menjabat sebagai kepala BPBD jadi dia ingin memperkenalkan diri secara langsung ke masyarakat karena itu beliau ingin menyerahkan sendiri bantuan itu agar berinteraksi langsung dengan masyarakat,” katanya.

Lanjutnya, sangat disayangkan karena hal itu sepertinya tidak akan terlaksana karena ada isu masyarakat korban bencana angin puting beliung ingin berdemo karena dana yang sangat dibutuhkan oleh mereka belum tersalurkan, akhirnya kepala badan BPBD mengutus Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi (RR), Aurigo untuk segera menyerahkan bantuan tersebut.

“Karena kepala BPBD sedang sibuk maka penyerahan dana bantuan tersebut diwakilkan pada Kabid RR dan segera dilaksanakan pada hari ini (kemarin-red) juga,” jelasnya.

Dijelaskanya, total semua bantuan tersebut sebsar 73 juta untuk perbaikan 62 rumah warga yang rumahnya rusak. Dengan rincian untuk yang rumahnya rusak para mendapat bantuan 2 juta rupiah dan yang rusak ringan sebesar 1 juta rupiah. “Bagi yang rusak parah mandapatkan bantuan tunai sebesar Rp.2 juta sementara untuk yang ringan sebesar RP.1 juta,” bebernya.

Bantuan pertama sudah diserahkan oleh Gubernur Sumsel Alex Noerdin. Sedangkan sisanya diserahkan pada BPBD Kabupaten Empat Lawang. “Bantuan tersebut terbagi dua yang pertama langsung diserahkan langsung oleh Gubernur Sumsel H Alex Noerdin, dan kemudian sisanya diserahkan kepada pihak BPBD Empat Lawang dan baru terealisasi hari ini yang diserahkan langsung oleh Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi, Aurigo,” pungkasnya. (HS-10)

________________

Sumber  :  Harian Silampari

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s