750 Kontestan Ramaikan Kontes Batu Akik Nusantara

20150424_155508_resized

Peserta pemenang lelang batu lumut merah HBA, Fery Agusman didampingi Kadis Koperasi dan UKM Empatlawang, Kuswinarto berfoto dengan batu lumut merah HBA hasil menang lelang. (IST)

Tebing Tinggi, Empat Lawang

Lebih dari 750 peserta mengikuti Kontes Batu Akik Nusantara 2015 yang digelar Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Empat Lawang, jum’at (24/4) siang. Terpantau para pencinta batu akik lokal maupun luar Empat Lawang sangat antusias mengikuti kontes yang berhadiah total 50juta rupiah ini.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Empat Lawang, Kuswinarto mengatakan jika kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan penggalian potensi sumber daya alam (SDA) yang ada di bumi Saling Keruani Sangi Kerawati, sekaligus kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan bahwa di Kabupaten Empat Lawang juga memiliki batu akik yang tak kalah bagusnya dengan daerah lain di Indonesia.

“Batu akik lumut merah hba dan lumut emass empat lawang saat ini sudah dikenal. Tapi bukan hanya itu saja, batu red empat lawang, panca warna dan silverqueen juga ada,” jelas Kuswinarto berpromosi.

Ditambahkannya, kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Pemkab Empat Lawang dengan Junjung Drajat Management (JDM) dan para media. Untuk juri kontes diundang langsung dari Palembang dan Indonesia Gemstone Jakarta.

“Terima kasih rekan-rekan media telah mempublikasikan batu akik Empat Lawang sehingga dikenal hingga saat ini,” imbuhnya.

Sedangkan untuk pendanaan pada penyelenggaraan bukan bersumber dari APBD Empat Lawang melainkan dari hasil pihak donatur dan peserta-peserta kontes batu akik.

Sementara, Bupati Empat Lawang, H Budi Antoni Aljufri (HBA) mengatakan sangat mendukung kegiatan ini. Sebab, dengan adanya batu akik ini memiliki banyak dampak positif salahsatunya mengurangi tingkat pengangguran. “Dulu ada yang tidak ada pekerjaan, sekarang memiliki pekerjaan mengasah batu. Batu akik ini tidak akan mati-mati, nilainya relatif ada yang paling rendah hingga tinggi,” jelasnya.

Untuk itu ditegaskannya bahwa dalam penjurian pada kontes ini tidak ada interpensi dan pemenangnya murni dari penilaian tim juri dari Palembang dan Jakarta. “Kita ketahui, peserta kontes cukup banyak, bahkan termasuk pejabat tinggi baik institusi ataupun pemerintahan. Jadi jangan sampai ada intervensi, sehingga pemenang memang murni pemenang, bukan karena di bawah tekanan,” tegasnya.

Sementara itu pada kegiatan kontes dan lelang batu akik nusantara 2015 pada hari pertama ini. satu bongkahan batu akik jenis lumut merah HBA, terjual dengan harga fantastis yakni senilai 35juta rupiah. Pemenang lelang sendiri berasal dari pengusaha toko mas Nata Jaya Tebing Tinggi.

“Pemenang lelang batu akik lumut merah HBA, diraih oleh Nata Jaya yang diwakili oleh Fery Agusman,” ungkap Erwin, salahseorang panitia pemandu lelang.

Selain batu lumut merah HBA, beberapa jenis batu lainnya juga sudah terdaftar di meja panitia untuk dilakukan pelelangan. Baik itu berupa bahan mentah, maupun bahan yang sudah diolah menjadi cincin ataupun liontin. Harga penawaran pertama pun relatif, mulai dari ratusan ribu rupiah hingga ratusan juta rupiah.

Kegiatan kontes dan lelang batu akik nusantara 2015 ini, digelar selama dua hari, 24 hingga 25 April. Pesertanya pun berasal dari berbagai daerah, seperti Lubuk Linggau, Lahat, Pagaralam, Muara Enim hingga peserta dari luar Provinsi Sumatera Selatan. (HS-10)

_______________

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s