Banyak LSM Cuma Daftarkan Nama

lsm-bodong

Ilustrasi

Tebing Tinggi, Empat Lawang – Hingga kini ada 29 lembaga yang sudah terdaftar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Empat Lawang, baik dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Ormas lainnya. Hal ini disampaikan Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Empat Lawang, Januarsyah Hambali kepada Wartawan, Senin (23/2) di ruang tugasnya.

“Yang sudah terdaftar dan lengkap seluruh persyaratan ada 29 lembaga baik LSM dan Ormas lainnya,” ungkap Januarsyah.

Diakuinya, banyak lembaga atau pun ormas  yang hanya namanya saja dan tidak melengkapi syarat yang telah ditetapkan. Pada hal sesuai dengan Permendagri no 33 tahun 2012, mereka diwajibkan untuk melapor dan melengkapi semua persyaratan.

“Memang banyak LSM  mendaftar ke kita tapi hanya ada namanya saja. Pada hal sesuai dengan Permendagri no 33 tahun 2012, mereka diwajibkan untuk melapor dan melengkapi semua persyaratan,” cetusnya.

Ditegaskanya, pihak Kesbangpol sendiri tidak bisa memberikan rekomendasi. Jika LSM/Ormas ingin  mengadakan kegiatan atau pun mengajukan bantuan dana. “Ya karena mereka tidak memenuhi persyaratan sesuai peraturan yang berlaku, jadi kita tidak bisa meninda lanjutinya,” terangnya.

Bahkan, banyak lembaga  yang engan melapor, karena terkendala dengan administrasi.”Syarat  pendaftaran memang banyak, salah satunya harus memiliki alamat kantor yang jelas. Belum dokumen penting lainnya, mungkin mereka terkendala hal ini, sehingga banyak yang enggan mengurusinya,” katanya.

Pihaknya, kata Januarsyah,  tidak akan mempersulit bagi yang ingin mendaftar asalkan memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan.”Kita tidak pernah mempersulitkan bagi yang ingin mendaftar, selagi persyaratannya lengkap,” pungkasnya.

Terpisah, Burlian Warga Tebing menilai, LSM yang tidak memenuhi syarat di Kesbangpol sama halnya dengan LSM Bodong. “Ya bodonglah, kantor tidak ada, pengurusan apa lagi, cuma nebeng nama di Kesbangpol. Jelas-jelas itu bodong. Yang seperti itu hanya mau cari uang saja,” katanya.Karenanya, dirinya berharap agar pemerintah terkait bisa meredam organisasi hanya mementingkan rupiah semata.

“Jangan sampai di Empat Lawang ini di isi orang-orang atau pun LSM yang hanya menakuti-nakuti kemudian melakukan pemerasan dan lainnya,”pungkasnya. (HS-Mg09)

 

 

______________

 

 

Sumber  :  Harian Silampari

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Hukum dan Kriminalitas. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s