Puskesmas Padang Tepong Bantah Telantarkan pasien

Rawatan

Ilustrasi

Tebing Tinggi, Empat Lawang – Pihak Puskesmas Rawat Inap Padang Tepong Kecamatan Ulu Musi membantah jika pihaknya telah menelantarkan Pasien atas nama Siti Habsa (80) ibundanya Syafril (42) warga Kecamatan Ulu Musi Kabupaten Empat Lawang yang mengalami sakit dan di bawa ke Puskesmas tersebut, beberapa waktu lalu.

Dalam klarifikasinya kepada sejumlah Awak Media Sabtu (21/2/2015) kemarin, pihak Puskesmas Padang Tepong membenarkan jika  pasien saat itu diberikan obat sirup anak-anak lantaran pasien mengalami susah buang air besar (BAB) dan sebelumnya sudah diberikan pil namun Pasien tak mampu menelannya.

“Pasien mengalami susah buang air besar, sebelumnya kita kasih obat dalam bentuk pil, namun pasien tidak bisa menelannya, kemudian kita kasih sirup anak-anak dengan meninggikan dosisnya, itu pun sudah diketahui oleh pihak keluarga,” ungkap Kepala Puskesmas Padang Tepong, dr.Dessy  didampingi Rully Kepala UGD, Yuhani Pj Rawat inap, dan Sefti selaku Bidan.

Kemudian, lanjut Dessy, mengenai infus, pihak puskesmas sengaja melepas infus tersebut dikarnakan wajah dan kaki pasien mengalami pembengkakan sehingga di khawatir pasien akan terjadi ginjal.

“Karena khawatir akan mengalami bahaya, kita berinisiatif untuk melepas infus tersebut dan menyarankan si pasien untuk dirujuk ke RSUD Tebing Tinggi dan cek labor lebih lanjut. Itu pun pihak keluarga pasien mengetahui,” ujarnya.

Mengenai pengontrolan seakan pasien dilantarkan. Pihak Puskesamas membantah hal tersebut, sebab petugas piket sudah datang lebih awal Pukul 19,30 Wib dan rutin melakukan pengontrolan ke ruangan.

“Pasien masuk pada Selasa siang dan keluar Rabu sore jam setengah empat, petugas kita datang lebih awal dan melakukan tugas dengan benar. Mengenai berita yang mengatakan petugas datang jam 21.30 wib dan tidak ada pengontrolan, hal tersebut sama sekali tidak benar dan tidak sesuai fakta yang terjadi,” terangnya.

Ditegaskannya, jika pihak Puskesmas Padang Tepong selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik, sebab hal tersebut adalah kewajiban yang harus dijalankan.

“Semaksimal mungkin kita memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Karena itu sudah merupakan kewajiban kita sebagai tenaga medis. Kami hanya menegaskan, pemberitaan yang kemarin tidak sesuai fakta yang terjadi,” tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, pelayanan Puskesmas rawat inap Padang Tepong Kecamatan Ulu Musi Kabupaten Empat Lawang dikeluhkan Safril salaseorang warga Ulu Musi mengakui ketika Dia membawa ibunya yang bernama Siti Habsa  yang sedang sakit namun tidak mendapatkan pelayanan yang memadai, bahkan terkesan pasien ditelantarkan oleh oknum Dokter Puskesmas Rawat Inap dan hanya dikasih sirup anak-anak.

Dia menduga lantaran menolak membawa ibunya yang sakit ke rumah yang sekaligus dijadikan tempat praktek oknum dokter tersebut.

“Ibu aku sakit dan di bawa ke Puskes Padang Tepong, sampai disana cuma dilayani infus hinga  jam 10 malam tidak ada  yang melayani lagi, sampai-sampai aku bingung dewek lantaran infus yang terpasang sudah hampir abis, terpaksa aku cabut sendiri dan membopong ibu aku tu ke mobil membawanya pulang,” Kata Syafril. (HS-Mg09)

________________

 

 

Sumber  :  Harian Silampari

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s