Warga Harapkan Pembangunan SPAL

IMG_1500

Warga membangun Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL) dengan swadaya, mereka berharap hal ini dapat mengurangi genangan air hujan di sekitar pemukiman jika terjadi hujan deras. Foto diabadikan, Jum’at (20/2/2015).

Tebing Tinggi, Empat Lawang – Masyarakat Kelurahan Tanjung Makmur Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang harapakan pembanguna saluran pembuangan air limbah (SPAL), sebab beberapa kali warga di sana sering kebanjiran apabila ada hujan mengguyur kawasan tersebut, bahkan sering terjadi pertengkaran antar warga akibat salah faham ketika banjir terjadi di kawasan itu.

“Kami sangat mengharapkan pembangunan SPAL di sini, kampung kami sering banjir jika ada hujan cukup lebat, bahkan tak terhitung kalinya ada pertengkaran antar warga, pemicunya salah faham akibat banjir,” kata Jamaludin (50) salaseoerang warga, Jum’at (20/2/).

Ditambahnya, jika SPAL yang dimaksud sudah dibangun Ia berkeyakinan tak akan ada lagi cerita kebanjiran kawasan ini, “Saya berharap ada spal di sini, jika itu ada tentu tak akan ada lagi cerita kebanjiran di sini,” katanya.

Sementara, Indra (40) salahseorang Ketua RW membenarkan adanya desakan warga Kelurahan Tanjung Makmur, menurutnya kebutuhan akan SPAL sangat mendesak lantaran kawasan ini boleh dibilang kawasan kumuh sehingga jika terjadi hujan yang cukup lebat, daearah ini pasti tergenang air lantaran tak ada SPAL.
Ia berharap, keadaan seperti ini menjadi perhatian instansi terkait, sebab sering kali warga selalu menyalahkan RT atau RW kurang tanggap mengusulakan keluhan wrga tersebut.

“Kita selalu jadi sasaran warga terus kapan terjadinya banjir, padahal tak terhitung kalinya kita menyampaikan usulan pembangunan spal, entah itu secara lisan maupun membuat proposal usulan, tetap saja tak ada tindak lanjutnya,” cetus Indra.

Sementara itu, Lurah Tanjung Makmur, Eman Sulaiman ketika dikonfirmasi disela-sela kegiatan gotong royong dalam rangka menjalankan program Bupati Empat Lawang yakni Jum’at bersih mengaku sudah mendengar keluhan warga tersebut. Oleh sebab itulah dalam rangka program Jum’at bersih kali ini Ia menghimpun warga untuk bersama-sama bergotong royong membuat saluran pembuangan air limbah di kelurahan ini. Dengan cara swadaya masyarakat dan bergotong royong seperti ini menurut Eman dapat menjaga tali silaturahmi antar warga sehingga keakraban warga dapat terjalin.

“Kebetulan ada program yang disarankan oleh Bupati Empat Lawang, Jum’at bersih kita bersama warga secara bergotong royong membuat spal sementara, meski belum permanen, mudah-mudahan ini dapat mengurang genangan air ketika turun hujan di kawasan pemukiman,” kata Eman.

Dia menjelaskan keluhan warga yang mengharapkan SPAL itu sudah lama, bahkan sebelum dirinya menjabat Lurah, meski berulang kali disampaikan kepada instansi terkait namun hingga sekarang harapan masyarakat pun belum juga terealisasi. “Padahal warga pemilik tanah yang bakal dilalui spal sudah setuju dan sudah menghibahkan tanahnya untuk dibangun spal, namun hingga sekarang belum juga ada, ya nanti kita coba lagi membuat proposal, mudah-mudahan harapan warga di sini dapat terkabul,” imbuhnya. (HS-Mg09)

__________________

 

 

Sumber  :  Harian Silampari

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s