Pipa Saluran Distribusi Air PDAM Bocor

IMG00701-20150215-1517

Pipa PDAM Empat Lawang dipangkalan Jembatan Musi Kawasan Tanjung Beringin Kelurahan Pasar Tebing Tinggi Bocor. Foto diabadikan Minggu (15/2/2015).

Tebing Tinggi, Empat Lawang – Pipa saluran distribusi air PDAM Empat Lawang di pangkal Jembatan Musi 1 kawasan Tanjung Beringin Kelurahan Pasar Tebing Tinggi, selama kurang lebih sepakan ini mengalami kebocoran. Akibatnya pasokan air bersih ke ratusan rumah di kawasan Tanjungberingin Baru dan sekitar kawasan itu pun terputus.

Selain memutuskan pendistribusian air ke ratusan rumah pelanggan, aliran air juga merembes dengan derasnya di tembok penahan jembatan sebelum akhirnya mengalir ke Sungai Musi. Dikhawatirkan akan menyebabkan abrasi pada tembok penahan jembatan, sebab air terlihat begitu derasnya keluar dari pori-pori tembok penahan Jembatan.

“Bocornya sejak seminggu yang lalu, tampaknya belum ada perbaikan dari pihak PDAM,” Kata Alui (42) seorang pandai besi yang kebetulan membuka usahanya di bawah Jembatan tersebut, kepada Media ini, kemarin (Minggu, 15/2/2015).

Dikatakan Alui, bukan hanya pelanggan PDAM yang berakibat tidak mendapatkan pasokan air bersih, akibat kebocoran pipa PDAM tersebut Dia mengaku mengalami kerugian juga, sebab pelanggan yang biasa menempah besi kepada dirinya enggan ke tempat usahanya, pasalnya satu-satunya akses jalan menuju tempat usahanya menjadi licin akibat derasnya air yang terus menerus.

“Akibat ini pelangan saya menghilang, dak galak lagi wong ngari aku, macam hari ini saja sepeserpun tak dapat duit, sebab jalan dari atas jembatan ke tempat aku tu licin,” terang Alui.

Sementara Marzuki (38) salahseorang warga sekitar megatakan jika pasokan air PDAM ke wilayah tempat tinggalnya tersebut sudah sejak 8 bulan lalu terhenti. Dia bersama warga lain pernah melaporkan hal tersebut ke pihak PDAM namun tak ada respon sama sekali, sehingga Ia bersama warga lain tidak perduli lagi.

“Sebenarnya pelanggan PDAM di sekitaran sini sudah tidak mendapatkan pasokan air sejak delapan bulan silam, pernah dilaporkan namun tak ada perbaikan, kalau sebelumnya rembasan dari pipa air bersih bukan di situ, entah mengapa kini rembasan air beralih ke tembok penahan di bawah Jembatan,” terangnya.

Dia berharap pihak terkait agar cepat tanggap memperbaiki pipa yang bocor tersebut, selain pelanggan tidak mendapatkan pasokan air bersih lagi, Dia khawatir rembasan air juga dapat menyebakan cepatnya kerusakan jembatan. “Selama delapan bulan semenjak putusnya air ledeng, warga sekitar sini manfaatkan sumur dan sungai musi, kalau tidak itu beli air tanki, saya berharap ini dapat menjadi perhatian pihak terkait,” tandasnya.

Pjs.Direktur PDAM Empat Lawang, Sudibyo ketika dikonfirmasi via seluler mengatakan jika sebelumnya kebocoran pipa di pangkal Jembatan tersebut sudah diperbaiki, namun jika kebocoran terjadi lagi pihaknya belum mengetahuinya.

“Itu sudah kita perbaiki, namun jika sekarang kembali terjadi bocor kita belum tau, nanti akan tanyakan lagi pada staf saya,” tandasnya. (HS-Mg09)

________________

 

 

Sumber  :  Harian Silampari

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

2 Balasan ke Pipa Saluran Distribusi Air PDAM Bocor

  1. Dodhy Akbar berkata:

    assalamualaikum sodaraku
    apa ada yang bisa memberikan data jaringan pipa dan jaringan non pipa PDAM se kabupaten empat lawang, karena saat ini saya sedang menyusun RISPAM Empat Lawang 2015

    trims
    Ir. Dodhy Akbar
    Bogor

  2. mungkin pipa saluran distribusinya tidak kuat menahan tekanan, perlu diganti

    atau bisa jadi tidak memakai pipa hdpe, hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s