Kelompok Usaha Binaan Terus Berkembang

IMG_1454Tebing Tinggi, Empat Lawang – – Kelompok usaha binaan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Empat Lawang terus berkembang. Salahsatunya kelompok UKM Putri Rambut Emas yang berada di desa Mekar Jaya (3A) Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang.

Kelompok yang memiliki anggota 10 orang yang diketua oleh Afriani seorang ibu rumahtangga, selain menjalankan usaha simpan pinjam, perbengkelan dan produksi makanan ringan, kelompok ini juga menjalankan usaha pengelolaan Batu Akik.

“Ada empat kelompok yang menjadi binaan Dinas Koperasi dan UKM, tiga di kecamatan Tebing Tinggi, satu di Kecamatan Saling, salahsatunya kita ini, untuk pengelolaan batu akik kita hanya mengelola batu akik asli Empat Lawang, kalau bukan berasal dari Empat Lawang kita tidak mau mengelola,” kata Afriani, kemarin (Kamis,12/2/2015).

Pihaknya sendiri lanjut Afriani, setelah mengikuti pelatihan kewirausahaan ke Jokjakarta pada tahun 2014 beberapa waktu lalu langsung membagikan ilmu yang didapat kepada pelaku usaha kecilk lain. Namun sayang beberapa usaha kecil sangat tertutup jika pihaknya mau mengidentifikasi usaha kecil mereka.

“Banyak masyarakat kurang mau diidentifikasi usaha, mereka cendrung tertutup mengenai modal yang mereka punya sehingga kita kesulitan membantu, padahal kita ingin merangkul mereka,” sebutnya.

Ada yang menarik dari usaha batu akik yang dikelola oleh kelompok Putri Rabut Emas ini. Jenis batu akik batik warna merah menjadi produk andalan. Mereka menamakannya Batu Akik Lumut HBA lantaran batu tersebut pernah menjadi perhatian oleh Bupati Empat Lawang, H Budi Antoni Aljufri yang akrab disapa HBA.

“Empat Lawang kaya segala jenis batu akik, tinggal masyarakatnya mau atau tidak mengelolanya, seperti akik lumut HBA atau ada yang bilang Batik HBA ini adalah asli batu Empat Lawang,” tandasnya. (HS-Mg09)

 

 

————————–

 

Sumber  :  Harian Silampari

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s