4 Desa Terisolir Lebih dari 8 Jam

IMG_1392Tebing Tinggi – Banjir akibat meluapnya sungai Musi melanda 4 desa di Kecamatan Tebing Tinggi kabupaten Empat Lawang, Jum’at (6/2/2015). 4 desa tersebut antara lain Desa Kotagading, Desa Baturaja Lama, Desa Baturaja Baru dan Desa Sugihwaras. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun akses menuju ke 4 desa tersebut sempat lumpuh selama lebih dari 8 jam.

Informasi yang dihimpun Media ini menyebutkan, jika sungai yang melaui ke 4 desa tersebut mulai meluap sekitar jam 7.00 wib sebab sebagian warga sudah ada yang pergi ke Pasar Tebingtinggi.

“Jam enam tadi ada yang sudah bisa lewat pergi ke pasar (pasar tebingtinggi-red) namun ketika mau pulang sekitar jam tujuh jalan ke arah desa sudah tidak bisa dilewati,” ujar Rian (36) salahseorang warga setempat.

Diakui hujan yang mengguyur kabupaten Empat Lawang dan sekitarnya mulai terjadi pada Kamis (5/2/2015) sekitar jam 20.00 wib dan baru berhenti sekitar jam 5.30 wib (jum’at, 6/2/2015). Namun demikian, luapan air sungai Musi baru terlihat sekitar 7.30 wib dan mulai tampak memasuki perkampungan warga sekitar jam 9.00 wib.

“Makanya banyak warga ke 4 desa tersebut sudah ada yang ke Tebing Tinggi, lantaran jam 6 masih bisa lewat,” kata Rian.

Sekda Empat Lawang, H Burhansyah ditemui di lokasi kejadian mengatakan, sejauh ini pihaknya sudah mengintruksikan Instasi terkait untuk membantu korban banjir di 4 desa tersebut.

Burhansyah mengaku memimpin langsung oprasi tanggap darurat guna memastikan keselamatan warga di 4 desa tersebut. “Ya ini kita akan turun ke lokasi, atas perintah Bupati Empat Lawang saya akan pimpin langsung oprasi tanggap darurat,” kata Burhansyah.

Dikatakannya, selain sudah memerintahkan setiap kepala desa yang terkena dampak banjir agar mengambil tindakan seperlunya, Ia juga akan berupaya mencapai lokasi banjir meski akses jalan menuju desa tersebut lumpuh total.

“Kita pastikan dulu keadaan warga di sana, dan melaporkannya ke pada Pak Bupati, apa-apa yang harus kita ambil tindakan,” tandasnya.

Sementara, Camat Tebing Tinggi, Rahmad Riyandi yang turut dalam rombongan Sekda Empat Lawang, menuturkan sejauh ini belum ada laporan korban jiwa, namun dari ke 4 desa yang terkena dampak banjir, 2 desa yang paling parah.

“Desa Baturaja lama dan desa Baturaja Baru tampaknya lebih parah, air sudah mencapai dada orang dewasa, mudah-mudahan cepat surut,” kata Riyandi.

Sementara itu, Kepala Desa Baturaja Lama, Mar Hasan ketika di konfirmasi di lokasi kejadian mengatakan, sejauh ini belum ada korban jiwa warganya akibat banjir kali ini. Namun dipastikan ratusan hektar tanaman padi yang masuk dalam masa berbungga rusak parah dan sudah dipastikan gagal panen (fuso).

“Ratusan hektar tanaman padi baik di sawah atau padi darat rusak total, belum lagi tanaman sayur, 4 Desa Terisolir Lebih dari 8 Jamtaksiran sementara kerugian bisa mencapai ratusan juta,” tandasnya. (HS-Mg.09)
 

—————————-

 

 

Sumber  :  Harian Silampari

 

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s