Berburu Batu Akik Hingga ke Sungai Terpencil

IMG00576-20150201-1452 Tebing Tinggi, Empat Lawang – Pemburuan batu akik rupanya tidak hanya meramba daerah lain. Di Empat Lawang penggila batu akik tidak hanya berburu batu akik di Gerai-gerai yang ada di Empat Lawang. Namun mereka rela memburu batu akik demi kepuasan tersediri sampai ke sungai-sungai yang jauh dari pemukiman.

Seperti yang dilakukan sekelompok warga Tebing Tinggi, mereka memburu batu akik hingga ke hulu sungai di Terusan Baru Kecamatan Tebing Tinggi yang berjarak hingga 3 KM dari pemukiman penduduk. Mereka menulusuri sungai dengan berjalan kaki dengan membawa peralatan pemecah batu seperti martil dan pahat batu.

“Ada kepuasan tersendiri jika kita dapat batu akik langsung dari alam ketimbang cari di gerai,” Kata Marsul (32) seorang pengagum batu akik yang sehari-harinya berprofesi sebagai tukang servis barang elektronik kepada Media ini (Minggu, 1/2/2015).

Dia mengaku sejauh ini hanya mengkoleksi dan tidak diperjualbelikan sehingga ketika Ia menemukan jenis batu yang langka setelah diasah cuma sebagai koleksi semata. Tak heran jika Ia memiliki ratusan macam batu akik yang menjadi koleksi pribadinya.

“Hanya untuk koleksi saja, sehari-hari saya bekerja sebagai tukang servis AC dan Kulkas, untuk sekedar buang kejenuhan biasanya saya beserta kawan-kawan berburu batu alam yang bisa diasah jadi batu akik,” imbuhnya.

Lain halnya Hendri (38), Ia mengaku selain buang kejenuhan dengan aktivitas rutinitas sehari-hari, hasil pemburuan batu akik biasanya langsung diasah dan dipasangkan gagang saat ada yang berminat langsung dijual. “Lumayan, selain saya memang hoby mengkoleksi, ini bisa jadi tambahan ketika ada yang berminat, ya kita jual, cuma bermodalkan gagang,” ujarnya.

Dikatakannya, batu akik asli Empat Lawang banyak yang bagus-bagus, salahsatu jenis yang paling banyak Ia jumpai adalah jenis Panca Warna, Teratai dan Opsidian. “Yang paling banyak dijumpai jenis warna merah cabe, batu jenis panca warna namun didominasi dengan warna merah cabe,” sebut Hendri. (HS-Mg09)

 

_____________________

 

 

Sumber : Harian Silampari

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Berita Emmpat Lawang, Cerito Kite. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s