Kadisdik : RKB SMPN 1 Talangpadang Hanya Retak Permukaan

IMG_00001288Talang Padang, Empat Lawang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang diwakili asisten 2, Syaiful dan pihak Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Empat Lawang, Agusni Effendi beserta jajaran meninjau bangunan Ruang Kelas Baru (RKB) SMPN 1 Talang Padang, Selasa (13/1/2015).

Ini sebagai tanggapan pemberitaan di media massa, baik cetak maupun elektronik mengenai kembali retaknya bangunan duan Ruang Kelas Baru (RKB) SMPN 1 Talang Padang yang dikerjakan dengan dana APBD Empat Lawang tahun 2014 sebesar Rp 300-an juta.

Dalam kesempatan itu, meskipun sempat berbantahan dengan awak media yang meliput peninjauan tersebut, Kadisdik Empat Lawang, Agusni Effendi mengakui, kondisinya sekarang ini sudah retak. Hanya saja, dilihat kondisinya, retak itu hanya retak permukaan, bukan retak struktur.

“Memang kondisinya kembali retak. Namun, yang perlu diketahui retak itu ada dua kategori, yakni retak struktur dan retak permukaan. Bila retak struktur, retaknya tembus ke dalam, kasarnya bisa ngintip, tapi kalau retak permukaan, retaknya tidak tembus,” ungkapnya.

Dikatakannya, perbaikan struktur bangunan yang nyaris ambruk dan sudah dilakukan penyelidikan, bahkan hanya ditemukan kerugian negara Rp 5,2 juta. Itu pun bukan karena fisik bangunan, tapi karena ada beberapa titik listrik yang belum terpasang itu sudah dilakukan. Bahkan, pihak konsultan sendiri memberikan jaminan, kokohnya bangunan.

“Saya sudah berkoordinasi dengan konsultan, mereka bisa menjamin tidak akan ambruk. Saya instruksikan kepada pihak sekolah untuk membersihak ruangan hari ini, sehingga besok dua RKB ini sudah bisa difungsikan,” ungkapnya di lokasi.

Dikatakannya, meskipun dalam kondisi baru ditimbun, karena setelah dilakukan perbaikan serta dibangunnya tiang penahan bisa dijamin keamanannya. Karena itu, pihak sekolah jangan lagi khawatir untuk memfungsikan RKB yang sudah selesai diperbaiki itu. Lagi pula menerima atau tidaknya itu bukanlah hak kepala sekolah seperti pemberitaan media massa yang menyebutkan kepala sekolah menolak menerima bangunan RKB ini.

“Yang mengecek bangunan ini setelah diperbaiki bukan seseorang saja, melainkan beberapa pihak. Hasilnya, mereka menyatakan kondisinya kokoh, dijamin tidak akan ambruk. Jadi, pihak sekolah tidak perlu khawatir menggunakan RKB ini. Lagian, bukan wewenang kepala sekolah menerima atau menolaknya bangunan yang telah dikerjakan, melainkan pihak berwenang,” tandasnya. (wwk)

_________________________________

Sumber : Sriwijaya Post

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s