Unit Tipikor Polres Empat Lawang Periksa Bendahara Disdik

Tebing Tinggi, Empat Lawang -Unit Tipikor Polres Empat Lawang, Senin (22/12/2014) kembali memeriksa salah seorang pejabat di Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Empat Lawang terkait kasus nyaris ambruknya bangunan RKB SMPN 1 Kecamatan Talang Padang yang baru selesai dikerjakan. Sebelumnya di beberapa waktu lalu Unit Tipikor Polres Empat Lawang telah memeriksa kontraktor dan PPTK proyek pembangunan gedung RKB, Elvansyah Muda. Kini giliran Bendahara Disdik Empat Lawang, Fajar Dewantara juga diperiksa.

Dari pantauan Media ini, saat diperiksa pria ini masih mengenakan seragam PNS lengkap. Penyidik terus menelusuri dokumen pengerjaan proyek tersebut, sesekali petugas menanyakan yang bersangkutan terkait dokumen yang sudah diserahkan ke pihak kepolisian.
Kapolres Empat Lawang, AKBP M Ridwan SIk melalui Kasatreskrim, AKP Nanang Supriyatna mengatakan, kasus nyaris ambruknya RKB SMPN 1 Talang Padang yang baru dibangun prosesnya masih berjalan. Hanya saja, sejauh ini sifatnya baru sebatas klarifikasi. “Prosesnya masih berjalan, kita baru memanggil pihak terkait untuk mengklarifikasi. Nanti akan didalami pengerjaan proyek tersebut, apakah sudah ada termin pencairan apa belum. Sehingga bisa diketahui ada atau tidaknya kerugian negara, akibat peristiwa ini,” ungkapnya.
Dikatakannya selain termin pencairan, pihaknya masih mendalami proyek ini apakah sudah ada serah terima dengan pihak Pemkab Empat Lawang atau belum. Sebab bila sudah ada serah terima, artinya tanggungjawabnya bukan pihak rekanan (kontraktor), melainkan pemerintah, sehingga jelas ada kerugian negara.
“Kalau memang belum ada serah terima, artinya masih tanggungjawab pihak rekanan. Bila demikian, sanksinya pihak kontraktor harus mengerjakan kembali, namun bila sudah diserahterimakan ada indikasi di sini,” katanya. Namun demikian, kalaupun belum ada serah terima dan termin pencairan, konsekuensinya pihak kontraktor harus membangun kembali. Artinya, ini ada kelalaian ataupun kesalahan sepenuhnya dari pihak pelaksana pengerjaan. “Prosesnya kan terus berjalan, kita terus dalami kasus ini selain dari keterangan pihak terkait, juga dokumen pengerjaan itu. Ya, kita akan dalami sesuai mekanismenya sejauh mana tahapan pengerjaan proyek ini,” tandasnya.
Untuk diketahui, meski baru rampung dibangunan dengan menggunakan dana APBD 2014 dengan dana sekitar Rp300 juta. Satu ruang kelas di SMP Negeri 1 Talang Padang nyaris ambruk, pada Sabtu (15/11/2014) malam lalau.

Salahseorang warga Kecamatan Talang Padang, menuturkan jika bangunan tersebut baru selesai masa pengerjaannya sekitar setengah bulan dan dikerjakan oleh pihak ketiga (kontraktor). Menurut Dia seharusnya bangunan tersebut harus dilakukan penimbunan terlebih dahulu sampai lahan yang dipakai tanahnya stabil dan siap didirikan bangunan sebab berada di atas lahan yang miring, bukanya langsung dibangun.

“Pengerjaannya sih yang asal-asalan, seharusnya diperhitungkan terlebih dahulu sebelum melakukan pembangunan. Kan sayang uang yang dikuncurkan untuk pembangunan gedung tersebut tidaklah sedikit, “cetusnya sembari mewanti-wanti agar namanya tidak disebutkan. (Ozi)

_________________________________________________
Sumber  :  Radar Nusantara
Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Korupsi Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s