SDN 21 Desa Sugiwaras Memprihatinkan

IMG00321-20141220-0814 Tebing Tinggi, Empat Lawang – Kondisi sekolah dasar (SD) Negeri 21 desa Sugiwaras Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang sungguh memprihatinkan.  Selain memfungsikan ruang kelas belajar sebagai ruang kantor sekolah, sekolah yang berada persis di bibir sungai musi itu salahsatu ruang kelas belajar (RKB) sangat tidak layak dipakai untuk kegiatan belajar mengajar lantaran seperti layaknya gudang bahan bangunan.

Demikian juga halaman sekolah tampak terlihat becek, bahkan beberapa titik terlihat seperti kubangan kerbau diduga kurangnya kreatifitas pengelolah sekolah untuk mengatasi itu. Sementara WC kondisinya dipastikan tidak berfungsi sebab sudah dikelilingi semak belukar.

Dari penelusuran Wartawan di sekolah yang terletak di desa yang wilayahnya berbatasan langsung Kabupaten Empat Lawang dengan Kabupaten Musi Rawas itu, Sekolah tersebut pernah dibangun RKB sekitar tahun 2012, namun akibat kurangnya perawatan, kondisi bangunan sekolah yang memiliki jumlah murid 96 orang dan guru  9 orang tersebut mulai terlihat kerusakan seperti sebagian pintu yang terlepas. Apalagi halaman sekolah yang berada di bibir sungai itu berpotensi membahayakan peserta didik lantaran tidak ada pagar yang membatasi halaman belakang sekolah dengan bantaran sungai.

Salahseorang guru di sekolah tersebut, Anpikri mengatakan jika sekolah tersebut demikian adanya, lantaran sejak terakhir mendapat bantuan RKB pada 2012 yang lalu, hingga sekarang sekolah mereka tidak pernah lagi mendapat bantuan dari Pemerintah. “belum pernah mendapat bantuan lagi dari pemerintah, terakhir tahun 2012 yang lalu RKB,” Kata Anpikri, Sabtu (20/122014).

Dikatakannya, sekolah tempat Dia mengajar ini hingga sekarang belum memiliki kantor dan ruangan Perpustakaan serta gedung sekolah ini tidak ada pemagaran sehingga halaman sekolah sering digunakan masyarakat sekitar untuk memutar balik arah kendaraan sehingga meninggalkan becek pada halaman sekolah. “Halaman sekolah sering digunakan masyarakat membelok arah kendaraan, mau bagaimana lagi memang halaman sekolah kita tidak memiliki pagar, mau menegur tidak enak,” sebutnya.

Lanjutnya, sekolah mereka memiliki ruangan kelas yang digunakan 2 rombongan belajar (Rombel) yakni kelas 3 dan kelas 4 karena memang kekurangan ruang kelas. “Kami tidak memiliki ruang kantor dan perpustakaan, satu ruang kelas terpaksa rangkap yakni kelas 3 dan kelas 4. Kami berharap agar mendapat bantuan satu lokal dan ruang kantor menginggat hal tersebut sangat dibutuhkan termasuk pagar juga sangat dibutuhkan karena dipingir sungai musi takutnya anak-anak yang sedang bermain jatuh kesungai,” harapnya dan juga diiyakan oleh Sumi Hartati salahseorang guru yang lain menimpali.

Sangat disayangkan ketika Media ini mencoba mengkonfirmasi permasalahan tersebut kepada Kepala Sekolah, Bukhori, Ma. Spd tidak berada di Sekolah dan disarankan oleh guru-guru di sekolah tersebut untuk langsung mendatangi rumahnya yang memang tidak begitu jauh dari sekolah tersebut. Ketika awak media mencoba mendatangi rumah sang Kepala Sekolah dan bertemu dengan salahsatu penghuni rumah langsung menjawab dengan nada kurang bersahabat.

“Wartawan terus, wartawan terus, bapak sedang pergi ke pasar, tidak ada Dia di rumah,” kata seorang perempuan yang diduga isteri Kepala Sekolah menjawab dengan ketus. (Ozi)

_______________________________________

Sumber  :  Radar Nusantara

Iklan

Tentang mangoci4lawang

Mangoci4lawang Post adalah Kumpulan berita Empat Lawang yang diambil dari berbagai sumber media baik lokal ataupun Nasional ter-update setiap hari. Didalam menyampaikan mengutamakan kecepatan, ketepatan dan berimbang. Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Terima Kasih telah mengunjungi kami...
Pos ini dipublikasikan di Berita Empat Lawang. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s